Khusnah, Siti (2015) Penggunaan sedotan untuk membangun pemahaman konsep peluang pada siswa kelas X di SMA Negeri Tamanan Bondowoso / Siti Khusnah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan penggunaan bahan manipulatif sedotan yang dapat membangun pemahaman konsep peluang pada siswa kelas X SMA Negeri Tamanan Bondowoso. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas 2 siklus. Dalam hal ini peneliti berperan sebagai pemberi tindakan instrumen kunci pelapor hasil penelitian dan pewawancara terhadap subjek penelitian. Data penelitian ini berupa hasil kajian dari jawaban tes siswa dan hasil wawancara. Pengumpulan data dilakukan peneliti dengan menggunakan lembar observasi kegiatan siswa lembar observasi kegiatan guru pedoman penskoran soal tes dan pedoman wawancara. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA-1 di SMA Negeri Tamanan Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 27 orang siswa terdiri dari 7 orang siswa laki-laki dan 20 orang siswa perempuan. Pelaksanaan tindakan pada penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus karena pada siklus pertama kajian hasil penelitian belum memenuhi kriteria keberhasilan penelitian sehingga diperlukan tindakan pada siklus kedua. 12288 12288 12288 12288 Data hasil belajar siswa SMA Negeri Tamanan Bondowoso pada materi peluang tahun 2011 2012 dan 2013 berturut-turut adalah 50 52 dan 53. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru menggunakan metode ceramah. Berdasarkan fakta di atas peneliti tertarik untuk melakukan penelitian menggunakan bahan manipulatif sedotan dalam pembelajaran peluang sehingga siswa dapat terlibat aktif dalam pembelajaran dan dapat menemukan konsep peluang dengan frekuensi relatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa langkah-langkah penerapan penggunaan bahan manipulatif sedotan yang dapat meningkatkan pemahaman konsep peluang terdiri dari 5 tahap yaitu (1) melakukan percobaan pengambilan sedotan sebanyak kali dan mencatat setiap warna sedotan yang terambil (2) menuliskan frekuensi munculnya masing-masing warna sedotan ke dalam tabel (3) menuliskan perbandingan frekuensi munculnya masing-masing warna sedotan dengan banyaknya percobaan (4) Menyimpulkan frekuensi relatif yaitu banyaknya kejadian dibagi banyaknya percobaan dan (5) Menyimpulkan peluang sebagai nilai frekuensi relatif yang mendekati nilai tertentu. 12288 12288 12288 12288 Kriteria keberhasilan yang ditetapkan peneliti telah tercapai pada siklus II yaitu persentase siswa yang tidak melakukan kesalahan konsep prosedur dan kalkulasi di atas 70% dan persentase siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sudah di atas 80%. Secara rinci persentase siswa yang tidak melakukan kesalahan konsep kalkulasi dan prosedur adalah sebagai berikut (1) persentase siswa yang tidak melakukan kesalahan konsep adalah sebesar 92 6% (2) persentase siswa yang tidak melakukan kesalahan prosedur sebesar 70% dan (3) persentase siswa yang tidak melakukan kesalahan kalkulasi sebesar 92 6% serta (4) persentase siswa yang sudah mencapai KKM adalah sebesar 96%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Feb 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110528 |
Actions (login required)
View Item |