Pelevelan kemampuan generalisasi pola pada siswa SMP berdasarkan toksonomi solo / Siti Dinarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelevelan kemampuan generalisasi pola pada siswa SMP berdasarkan toksonomi solo / Siti Dinarti

Dinarti, Siti (2015) Pelevelan kemampuan generalisasi pola pada siswa SMP berdasarkan toksonomi solo / Siti Dinarti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dinarti Siti. 2015. Pelevelan Kemampuan Generalisasi Pola pada Siswa SMP Berdasarkan Taksonomi SOLO. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. I Nengah Parta S.Pd. M.Si. (2) Dr. Hery Susanto M.Si. Kata Kunci Generalisasi Pola Taksonomi Solo. Penelitian ini berfokus kepada pelevelan kemampuan generalisasi pola. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan deskripsi mengenai kemampuan generalisasi pola siswa SMP kelas VIII yang memiliki kemampuan menyampaikan ide dalam bentuk tulisan dan lisan berdasarkan level pada taksonomi SOLO. Dengan mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam menggeneralisasikan pola guru dapat menggunakannya sebagai pedoman untuk mempersiapkan bahan pembelajaran dan mempersiapkan tugas yang mendukung pembelajaran dengan materi aljabar yang lebih luas. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Trowulan. Data penelitian diperoleh dari jawaban tertulis serta hasil wawancara secara mendalam.. Kerangka kerja yang digunakan adalah kerangka kerja taksonomi SOLO (Structure of the Observed Learning Outcome) yang memiliki lima level yaitu prastruktural unistruktural multistruktural relasional dan ekstended abstrak. Penelitian ini mengungkapakan bahwa seorang siswa dapat berada pada level SOLO yang berbeda jika dihadapkan dengan tugas pola yang berbeda kompleksitasnya. Pada masalah persegi putih dan masalah ubin subjek mendapatkan ide generalisasi dengan memfokuskan perhatian pada konstruksi visual soal yang diberikan. Pada masalah banyak segitiga konstruksi visual hanya digunakan untuk mengidentifikasi masalah ide generalisasi dikembangkan berdasarkan barisan numerik yang dibentuk dari informasi yang ada pada soal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110527

Actions (login required)

View Item View Item