Suryaningsih, Nuning (2015) Pengembangan Lembar Kerja Siswa kelas VIII bercirikan Realistic Mathematics Education (RME) pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) / Nuning Suryaningsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Suryaningsih Nuning. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Kelas VIII Bercirikan Realistic Mathematics Education (RME) Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ipung Yuwono M.S. M.Sc (II) Dr. Makbul Muksar S.Pd M.Si Kata Kunci Pengembangan Lembar Kerja Siswa Realistic Mathematics Education (RME) Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) 12288 12288 12288 12288 Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit bagi siswa. Beberapa siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Terutama soal-soal matematika yang berkaitan dengan variabel simbol yang bersifat abstrak. Misalnya pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Siswa tidak dapat melanjutkan dalam menyelesaikan soal SPLDV. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti mengembangkan LKS Matematika yang realistik. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah Menghasilkan produk Lembar Kerja Siswa Kelas VIII Bercirikan Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan pemahaman konsep tentang SPLDV di kelas VIII SMP Negeri 1 Pujon Kabupaten Malang yang dilengkapi dengan buku panduan guru. Selain itu LKS yang dihasilkan ini diharapkan dapat menambah sumber belajar yang tersedia di SMP Negeri 1 Pujon. 12288 12288 12288 12288 Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan LKS ini adalah model pengembangan Thiagarajan Semmel dan Semmel yang dimodifikasi terdiri dari empat tahap. Empat tahap tersebut adalah tahap pendefinisian (define) tahap perancangan (design) tahap pengembangan (development) dan tahap penyebaran (disseminate). Pemilihan model ini didasarkan atas pertimbangan bahwa model ini dikembangkan secara sistematis berdasarkan landasan teoritis desain pembelajaran. Model ini disusun secara terprogram dengan urutan-urutan kegiatan yang sistematis dalam upaya memecahkan masalah pembelajaran khususnya masalah ketersediaan sumber belajar yang sesui dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. 12288 12288 12288 12288 Produk pengembangan yang terdiri dari LKS dan Buku Petunjuk Penggunaan LKS selanjutnya diuji cobakan melalui beberapa tahap yakni (1) Validasi oleh dua validator ahli dan satu validator user (praktisi) (2) uji coba kelompok kecil dan (3) uji coba lapangan. Data hasil evaluasi tersebut yang berupa saran tanggapan dan penilaian dari subyek uji coba digunakan sebagai masukan untuk merevisi dan menyempurnakan LKS yang dikembangkan. Berdasarkan analisis data dari uji ahli isi mata pelajaran terhadap produk pengembangan berupa LKS 80 8% dan panduan guru 97 2 %. Hasil dari uji coba diperoleh nilai akhir siswa diperoleh rata-rata 88 1. Berdasarkan data tersebut maka produk yang dikembangkan efektif bagi siswa. Dari hasil uji coba perorangan mengenai keterbacaan pengembang mendapatkan cukup banyak masukan dan setelah direvisi dilanjutkan dengan uji lapangan menunjukkan bahwa LKS berada dalam kualifikasi baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Feb 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110524 |
Actions (login required)
View Item |