Dintarini, Mayang (2015) Pemberian scaffolding untuk mengatasi kesulitan siswa dalam memahami logaritma / Mayang Dintarini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Dintarini Mayang. 2014. Pemberian Scaffolding untuk Mengatasi Kesulitan Siswa dalam Memahami Logaritma. Tesis Prodi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. I Nengah Parta S.Pd M.Si (II) Dr. Swasono Rahardjo S.Pd M.Si. Kata kunci scaffolding kesulitan logaritma Logaritma penting untuk dipelajari karena logaritma digunakan dalam aplikasi berbagai bidang seperti pada sains komputer finance industri dan lain-lain. Namun sangat disayangkan logaritma yang penting ini tidak didukung oleh hasil belajar siswa yang baik pada materi ini. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kesulitan-kesulitan siswa dalam memahami logaritma penyebab kesulitan serta scaffolding yang dapat diberikan untuk mengatasinya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dimana data yang didapatkan berupa deskripsi kesulitan siswa dalam memahami logaritma serta penyebabnya dan teknik scaffolding yang diberikan untuk mengatasi kesulitan tersebut. Calon subyek merupakan siswa kelas X yang telah menempuh materi logaritma yang memiliki kemampuan untuk menuliskan proses pengerjaan soal matematika dengan jelas dan mampu berkomunikasi secara lisan dengan baik. Calon subyek penelitian diberi tes diagnostik dan diwawancarai. Hasilnya lima dari enam calon subyek memiliki kesulitan dalam memahami logaritma. Kemudian lima siswa diberi scaffolding sesuai dengan kesulitannya masing-masing. Didapati beberapa kesulitan yang dialami siswa dalam memahami logaritma yaitu kesulitan dalam menerapkan definisi menentukan sifat-sifat logaritma yang dapat digunakan untuk menyelesaikan soal menerapkan sifat-sifat logaritma menerapkan materi prasyarat. Kesulitan-kesulitan ini disebabkan karena kurangnya pemahaman mengenai definisi logaritma kurangnya kemampuan dalam melihat keterkaitan fakta-fakta pada soal terlalu fokus terhadap fakta-fakta yang berupa hafalan dan prosedur teknis mengandalkan intuisi yang belum tentu benar dan ketidakkonsistenan dalam penulisan simbol-simbol dan ketidaktelitian. Kemudian kelima siswa diberi scaffolding sesuai dengan kesulitan yang dimiliki. Teknik scaffolding yang diberikan antara lain membahasakan mengingatkan dan menginvestigasi merangsang siswa mengakses sumber belajar dan menekankan/ menggarisbawahi konteks penting.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Feb 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110523 |
Actions (login required)
View Item |