Pelevelan kemampuan siswa SMP dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan taksonomi SOLO ditinjau dari tipe kepribadian / Lilis Widayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelevelan kemampuan siswa SMP dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan taksonomi SOLO ditinjau dari tipe kepribadian / Lilis Widayanti

Widayanti, Lilis (2015) Pelevelan kemampuan siswa SMP dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan taksonomi SOLO ditinjau dari tipe kepribadian / Lilis Widayanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Widayanti Lilis. 2015. Pelevelan Kemampuan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Taksonomi SOLO Ditinjau dari Tipe Kepribadian. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. I. Nengah Parta S.Pd. M.Si. (2) Dr. Swasono Rahardjo S.Pd. M.Si. Kata Kunci Penyelesaian Masalah Matematika Taksonomi SOLO Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Tipe Kepribadian Introvert. Pemecahan masalah merupakan kompetensi kurikulum matematika yang harus dimiliki siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelevelan kemampuan siswa SMP dengan tipe kepribadian ekstrovert dan tipe kepribadian introvert dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan taksonomi SOLO. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengelompokkan calon subjek sesuai tipe kepribadiannya memberikan tes matematika untuk calon subjek bertipe kepribadian ekstrovert dan calon subjek bertipe kepribadian instrovert dan wawancara subjek penelitian. Calon subjek penelitian adalah siswa kelas IX.3 SMPN 5 Malang. Penentuan subjek menghasilkan 3 subjek dengan tipe kepribadian ekstrovert dan 4 subjek dengan tipe kepribadian introvert. Data penelitian diperoleh dari penyelesaian tes kemampuan penyelesaian masalah matematika dan hasil wawancara. Penyelesaian masalah matematika diidentifikasi berdasarkan kerangka kerja yang digunakan Chick (1998). Penelitian ini mengungkapkan semua subjek mampu menemukan informasi yang relevan dan mampu melihat keterhubungan informasi yang diperolehnya. SE 1 SE 2 dan SE 3 yang merupakan subjek dengan tipe kepribadian ekstrovert memiliki struktur penyelesaian yang bervariasi. Untuk masalah I dan II subjek dengan kepribadian ekstrovert mencapai level kemampuan unistruktural multistruktural dan relasional. SE 2 subjek dengan level relasional untuk kedua masalah mampu menerjemahkan masalah ke dalam sistem persamaan linier dan menyelesaikannya menggunakan metode substitusi. Karakteristik SI 1 SI 2 SI 3 dan SI 4 yang telah mencapai level multistruktural untuk menyelesaikan masalah I secara umum mereka mampu menemukan informasi yang relevan mampu menemukan keterhubungan informasi yang telah diperoleh tetapi belum mampu memadukannya menjadi struktur penyelesaian yang koheren. Mereka menyelesaikan masalah menggunakan strategi membuat kasus-kasus khusus. Dalam menyelesaikan masalah II SI 1 SI 2 dan SI 3 mencapai level relasional sedangkan SI 4 mencapai level unistruktural. SI 1 SI 2 dan SI 3 menggunakan representasi yang berbeda dalam menerjemahkan masalah namun mereka menggunakan metode yang sama yaitu substitusi untuk menyelesaikan masalah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110522

Actions (login required)

View Item View Item