Purwanti, Iin (2015) Refleksi proses pemahaman konsep persegi panjang siswa dengan multiple intelligences berbeda / Iin Purwanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Purwanti Iin. 2014. Refleksi Proses Pemahaman Konsep Persegi Panjang Siswa Dengan Multiple Intelligences Berbeda Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Akbar Sutawidjaja M.Ed (2) Dr. Abdurrahman As ari M.Pd M.A Kata Kunci Refleksi multiple Inteligences aktifitas siswa Apabila diminta merefleksikan proses pemahaman matematika yang dilakukan siswa hanya akan mengingat dan memilih konsep - konsep yang dipahami dan dianggap penting. Informasi tersebut dapat berguna untuk mengembangkan pembelajaran yang diinginkan siswa selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasi proses pemahaman konsep persegi panjang siswa dengan kecerdasan linguistic/verbal matematis-logis dan visual-spatial. Penelitian dilakukan di SMP IT Misykat Al-Anwar desa Kwaron Diwek Jombang. Subjek penelitian adalah siswa dengan kecerdasan linguistic/verbal matematis-logis dan visual-spatial. Data dikumpulkan dan dianalisis dengan tehnik deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini dapat disimpulakan bahwa 1) Dalam proses storage siswa dengan kecerdasan berbeda mengingat pedoman konsep persegi panjang berbeda pula 2) Aktifitas dalam acquisition dan retrieval siswa dengan kecerdasan linguistik/verbal tidak terlepas dari kegiatan yang menggunakan bahasa baik secara lesan atau tulisan siswa dengan kecerdasan matematis-logis sangat memperhatikan tahapan berfikir logis menggunakan langkah procedural untuk memperoleh dan memanggil kembali konsep persegi panjang siswa dengan kecerdasan visual-spatial memperhatikan melihat mengamati dan membandingkan bentuk persegi panjang dengan benda nyata. Benda nyata yang diperhatikan siswa adalah benda yang salah satu permukaannya berbentuk persegi panjang seperti buku tulis papan tulis dan lemari 3) Ada siswa dengan kecerdasan Matematis-logis mendapat nilai dibawah kriteria yang telah ditetapkan. Hal ini membuktikan bahwa kecerdasan bukan hanya satu-satunya faktor yang menentukan hasil belajar. Kecerdasan merupakan biopsikologi 4) Dalam menyampaikan ide siswa dengan multiple intelligences berbeda mempunyai karakteristik berbeda pula 5) Kombinasi kecerdasan berbeda sangat berpengaruh dalam aktifitas siswa dalam proses pemahaman konsep persegi panjang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jan 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110516 |
Actions (login required)
View Item |