Penggunaan grid untuk memahamkan materi segiempat melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada siswa kelas VII MTs. Ma'arif Sidomukti Gresik / Nadya Husenti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan grid untuk memahamkan materi segiempat melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada siswa kelas VII MTs. Ma'arif Sidomukti Gresik / Nadya Husenti

Husenti, Nadya (2015) Penggunaan grid untuk memahamkan materi segiempat melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada siswa kelas VII MTs. Ma'arif Sidomukti Gresik / Nadya Husenti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Husenti Nadya. 2014. Penggunaan Grid Untuk Memahamkan Materi Segiempat Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada Siswa Kelas VII MTs. Ma arif Sidomukti Gresik. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc. (2) Dr. Swasono Rahardjo M.Si. Kata kunci Grid pendekatan RME segiempat pemahaman Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan penggunaan grid melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk memahamkan materi segiempat pada siswa kelas VII MTs. Ma arif Sidomukti Gresik. Alasan untuk melaksanakan penelitian didasarkan pada hasil observasi awal yang menunjukkan bahwa lebih dari 50% siswa kelas VII masih melakukan kesalahan dalam menentukan keliling dan luas segiempat artinya siswa tidak memahami materi segiempat dengan baik. Dari pengamatan selama proses pembelajaran pada semester ganjil 2013/2014 diperoleh fakta bahwa proses pembelajaran lebih banyak didominasi dengan metode ceramah dan kurang memanfaatkan media. Grid digunakan karena siswa memerlukan ilustrasi gambar. Grid berupa kertas bertitik yang berbentuk segiempat atau segitiga dengan jarak antara titik-titik yang berdekatan yaitu 1 satuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri dari empat pertemuan dan siklus kedua terdiri dari tiga pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari tiga tahap yaitu tahap awal tahap inti dan tahap akhir. Tahap inti meliputi langkah-langkah RME yaitu memahami masalah kontekstual menyelesaikan masalah kontekstual mendiskusikan jawaban dan menyimpulkan. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs. Ma arif Sidomukti sebanyak 32 siswa. Data diperoleh dari hasil observasi hasil tes hasil wawancara dan catatan lapangan. Pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) meliputi lima karakteristik yaitu (1) berawal dari konteks dilakukan dengan memberikan permasalahan kontekstual kepada siswa (2) menggunakan strategi yang cerdas dilakukan dengan meminta siswa melakukan penyelidikan dan memberikan kesempatan menemukan cara lain dengan bantuan grid (3) belajar menggunakan model dan diagram dilakukan dengan memanfaatkan grid untuk menyelesaikan masalah yang diberikan oleh guru (4) belajar berinteraksi dilakukan dengan diskusi kelompok dan diskusi kelas dan (5) menggunakan karakteristik dari benda dilakukan dengan menggunakan sifat-sifat dari grid untuk menyelesaikan permasalahan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan grid melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dapat memahamkan siswa kelas VII tentang segiempat yang ditunjukkan dengan sebanyak 62 5% siswa tidak melakukan kesalahan konseptual 65 6% siswa tidak melakukan kesalahan prosedural 81 3% siswa tidak melakukan kesalahan kalkulasi dan 71 9% siswa mendapatkan nilai di atas KKM. Hasil pengamatan kegiatan guru dan siswa memenuhi kriteria baik. Langkah-langkah penggunaan grid yaitu menjiplak benda berbentuk segiempat pada grid menggambar segiempat yang diminta pada grid sesuai dengan langkah-langkah penggunaan grid mencari keliling segiempat dan mencari luas segiempat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110511

Actions (login required)

View Item View Item