Khomariyah, Nurlaela (2015) Proses koneksi matematika dalam memecahkan masalah berdasarkan gaya kognitif field dependent dan field independent siswa SMA Negeri 1 Beruntung Baru / Nurlaela Khomariyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Khomariyah Nurlaela. 2014. Proses Koneksi Matematika dalam Memecahkan Masalah Berdasarkan Gaya Kognitif Field Dependent dan Field IndependentSiswa SMA Negeri 1 Beruntung Baru. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Subanji M.Si (2) Dr. Hery Susanto M.Si. Kata Kunci proses koneksi matematika memecahkan masalah gaya kognitif field dependent field independent. Pemecahan masalah merupakan salah satu fokus penting dalam pembelajaran matematika. Dalam memecahkan masalah melibatkan kemampuan dasar lainnya khususnya koneksi matematika. Dengan mampunya siswa dalam koneksi matematika maka pemahaman matematikanya akan semakin dalam dan bertahan lama. Dengan mengetahui proses koneksi matematika dalam memecahkan masalah pada siswa akan meningkatkan kemampuan koneksi siswa dalam memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses koneksi matematika dalam memecahkan masalah siswa dengan gaya kognitif field dependent dan field independent. Yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah proses koneksi matematika dalam memecahkan masalah dengan menggunakan langkah-langkah Polya dimana komponen-komponen proses koneksi matematikanya adalah hubungan antar konsep matematika hubungan prosedur sebagai representasi yang ekivalen hubungan matematika dan di luar matematika dan hubungan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Beruntung Baru. Subjek penelitian ini sebanyak empat orang yang terdiri dari dua orang dengan gaya kognitif field dependent dan dua orang dengan gaya kognitif field independent. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif eksploratif. Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan menggunakan tes Group Embedded Figure Test (GEFT) dengan mempertimbangkan kemampuan siswa dalam mengomunikasikan gagasan. Pengumpulan data dilakukan dilakukan dengan pemberian tugas individu dan wawancara berbasis tugas. Data kemudian dianalisis dengan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan metode triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan proses koneksi matematika antara siswa dengan gaya kognitif field dependent dan siswa dengan gaya kognitif field independent. Proses koneksi matematika siswa dengan gaya kognitif field dependent hanya memenuhi dua komponen proses koneksi matematika yaitu hubungan antar konsep matematika dan hubungan matematika dan di luar matematika. Sedangkan proses koneksi matematika siswa dengan gaya kognitif field independent memenuhi semua komponen proses koneksi yaitu hubungan antar konsep matematika hubungan prosedur sebagai representasi yang ekivalen hubungan matematika dan di luar matematika dan hubungan matematika dengan kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jan 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110510 |
Actions (login required)
View Item |