Penerapan pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi logika matematika kelas XA SMAN 2 Kotabaru / Nor Izatil Kamilah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi logika matematika kelas XA SMAN 2 Kotabaru / Nor Izatil Kamilah

Kamilah, Nor Izatil (2015) Penerapan pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi logika matematika kelas XA SMAN 2 Kotabaru / Nor Izatil Kamilah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kamilah Nor Izatil. 2014. Penerapan Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Logika Matematika Kelas XA SMAN 2 Kotabaru. Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Purwanto Ph.D (II) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd. Kata Kunci Think Talk Write (TTW) Pemahaman Siswa Logika Matematika Pemahaman adalah kemampuan seseorang untuk mempertahankan membedakan menduga menerangkan memperluas menyimpulkan menggeneralisasikan memberikan contoh menuliskan kembali dan memperkirakan. Berdasarkan hasil pengamatan peneliti selama mengajar dan hasil wawancara dengan guru matematika di SMAN 2 Kotabaru menunjukkan bahwa pemahaman siswa akan konsep logika matematika masih sangat kurang. Oleh karena itu untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap logika matematika perlu dibuat suatu model pembelajaran yang mengkondisikan siswa menjadi aktif dalam mengeksplorasi pengetahuannya. Model pembelajaran yang tepat adalah Think Talk Write (TTW). Tahap Think siswa berpikir secara individu tahap Talk siswa berdiskusi dalam kelompok dan tahap Write siswa menuliskan hasil diskusi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran Think Talk Write (TTW) yang dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi logika matematika kelas XA SMAN 2 Kotabaru. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XA SMAN 2 Kotabaru tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 35 siswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data hasil validasi perangkat pembelajaran hasil kerja siswa di LKS hasil observasi (aktivitas guru dan siswa) hasil wawancara hasil tes tertulis dan catatan lapangan. Tindakan penelitian dikatakan berhasil jika hasil kegiatan pembelajaran TTW mencapai presentasi minimal 80% atau kategori baik. Hasil penelitian dari penerapan pembelajaran Think Talk Write (TTW) yaitu (1) Tahap Think siswa sudah bisa memahami isi bacaan dari LKS tentang logika matematika dan menandai bagian yang dianggap penting (2) Tahap Talk semua siswa terlibat aktif dalam diskusi kelompok untuk mengeksplorasi pengetahuannya dalam menyelesaikan permasalahan logika matematika (3) Tahap Write siswa sudah bisa menuliskan hasil diskusi kelompoknya menggunakan kata-kata mereka sendiri. Hasil observasi kegiatan pembelajaran berada pada kategori sangat baik. Penerapan pembelajaran Think Talk Write (TTW) ini dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi logika matematika. Hal ini menunjukkan bahwa siswa mampu (1) menyatakan ulang sebuah konsep (2) mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu (sesuai dengan konsepnya) (3) memberikan contoh dan non-contoh dari konsep (4) menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis (5) mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup suatu konsep (6) menggunakan memanfaatkan dan memilih prosedur atau operasi tertentu dan (7) mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110498

Actions (login required)

View Item View Item