Implementasi Team Games Tournament (TGT) pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMA Negeri 5 Banjarmasin / Meta Ariyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi Team Games Tournament (TGT) pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMA Negeri 5 Banjarmasin / Meta Ariyani

Ariyani, Meta (2015) Implementasi Team Games Tournament (TGT) pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMA Negeri 5 Banjarmasin / Meta Ariyani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ariyani Meta. 2014. Implementasi Team Games Tournament (TGT) Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 5 Banjarmasin. Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Drs. Purwanto Ph.D (2) Dr. Sri Mulyati M.Pd Kata Kunci TGT motivasi hasil belajar 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan di kelas XI IPS SMA Negeri 5 Banjarmasin rendahnya hasil belajar siswa dalam beberapa tahun pada materi limit bukan dikarenakan kurangnya pengetahuan yang dimiliki siswa tetapi sangat sedikit siswa yang termotivasi untuk belajar matematika. Hal tersebut terjadi antara lain disebabkan karena guru dalam proses belajar mengajar selama ini membiarkan siswa belajar dengan pasif. Berdasarkan hal tersebut salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk memecahkan permasalahan tersebut adalah dengan cara mengubah cara belajar siswa dengan memberikan suasana belajar yang baru. Terkait dengan itu tampaknya pelaksanaan TGT bisa dimodifikasi sedemikian rupa karena TGT memiliki langkah-langkah pembelajaran yang di dalamnya dapat dimodifikasi sehingga motivasi dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Pelaksanan TGT ini dapat dilakukan pada materi limit. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskrifsikan pelaksanaan masing-masing langkah pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) yang mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar limit siswa SMA Negeri 5 Banjarmasin. 12288 12288 12288 12288 Sesuai dengan tujuan penelitian pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data penerapan TGT diperoleh dari observasi aktivitas guru aktivitas siswa dan wawancara data motivasi belajar siswa diperoleh dari observasi motivasi siswa dan angket motivasi sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes hasil belajar pada setiap akhir siklus. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TGT yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa terdiri dari 5 (lima) tahap yaitu (1) Penyajian kelas (2) Diskusi kelompok (3) Games (4) Tournament dan (5) Penghargaan kelompok. Pada tahap games dan tournament peneliti melakukan modifikasi dalam bentuk permainannya. Gamesnya berupa permainan menjawab soal yang ada pada kartu soal. Setiap siswa diberikan papan jawaban untuk menuliskan hasil jawaban mereka. Apabila waktu pengerjaan soal sudah selesai maka seluruh siswa diwajibkan mengangkat papan jawabannya ke atas untuk dicocokkan dengan kunci jawaban yang ada pada layar LCD. Tahap games dan tournament merupakan tahap yang paling menyenangkan untuk seluruh siswa. Tingkat keterlaksanaan tahap-tahap pembelajaran TGT motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa juga telah meningkat dibandingkan antara siklus I dan siklus II. Motivasi belajar siswa meningkat dari kriteria cukup menjadi baik. Hasil belajar siswa telah memenuhi krtiteria keberhasilan yaitu minimal 70% siswa memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 70. Hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 75% siswa memenuhi kriteria dan pada siklus II meningkat menjadi 78 13%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa langkah-langkah pada Team Games Tournament (TGT) dapat dimanipulasi sedemikian hingga sehingga meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMA Negeri 5 Banjarmasin.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110494

Actions (login required)

View Item View Item