Penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa kelas X SMAN 1 Kintap / Wagiati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa kelas X SMAN 1 Kintap / Wagiati

Wagiati (2015) Penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa kelas X SMAN 1 Kintap / Wagiati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wagiati. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X SMAN 1 Kintap. Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sri Mulyati M.Pd (II) Dr. Makbul Muksar S.Pd M.Si. Kata kunci Think Pair Share (TPS) komunikasi matematis Komunikasi matematis merupakan proses menyampaikan gagasan dan pemahaman matematis siswa agar dapat dipahami oleh orang lain. Namun berdasarkan hasil pengamatan peneliti selama mengajar dan hasil wawancara dengan guru matematika di SMAN 1 Kintap menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menyampaikan ide-ide atau gagasan matematis mereka masih kurang. Oleh karena itu untuk meningkatkan keterampilan komunikasi matematis siswa ketika belajar di kelas maka siswa harus merasa nyaman dalam mengeksplorasi pengetahuannya. Model pembelajaran yang tepat untuk menciptakan suasana yang kondusif tersebut adalah Think Pair Share (TPS). TPS dapat mengoptimalkan berpikir individu siswa (Think) kemudian saling berdiskusi dalam kelompok kecil (Pair) dan menyampaikan hasilnya ke seluruh kelas (Share). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran dengan model Think Pair Share (TPS) yang dapat meningkatkan keterampilan komunikasi matematis siswa Kelas X SMAN 1 Kintap. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X4 SMAN 1 Kintap tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 17 orang. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data hasil validasi perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian hasil kerja siswa di LKS hasil observasi kegiatan pembelajaran hasil wawancara terhadap subyek penelitian data hasil tes komunikasi matematis tertulis dan catatan lapangan.Tindakan penelitian dikatakan berhasil jika (a) hasil observasi kegiatan pembelajaran kooperatif Think Pair Share mencapai persentase minimal 80% atau ketegori baik (b) hasil tes komunikasi matematis tertulis siswa menunjukkan minimal 80% siswa memperoleh skor minimal 75. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pada siklus I diperoleh data bahwa hasil observasi kegiatan pembelajaran mencapai 100% dengan kriteria sangat baik. Namun hasil tes komunikasi siswa menunjukkan bahwa hanya 5 siswa (29 4%) yang memperoleh nilai minimal 75 sehingga belum mencapai kriteria keberhasilan yang ditetapkan. Rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa berada pada skor 2.58 atau cukup memuaskan. Setelah adanya perbaikan yang dilakukan pada siklus II ternyata hasil kemampuan komunikasi siswa mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil tes komunikasi tertulis diperoleh data bahwa 15 siswa (88 2%) memperoleh nilai minimal 75 dengan nilai rata-rata 81.10. Hasil observasi kegiatan pembelajaran mencapai 100%. Rata-rata keterampilan komunikasi matematis tertulis siswa juga meningkat yaitu berada pada skor 3 17 atau memuaskan. Ini menunjukkan bahwa (a) siswa mampu menyatakan/mengekpresikan soal ke dalam bahasa simbol idea atau model matematika dengan benar (b) pemahaman terhadap konsep sudah baik (c) argumen/jawaban benar secara logis (d) menggunakan strategi yang cukup sesuai serta (e) perhitungan yang sebagian benar. Karena kriteria keberhasilan telah terpenuhi maka tindakan siklus II dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110488

Actions (login required)

View Item View Item