Implementasi pendekatan scientific untuk meningkatkan kemandirian belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 10 Banjarmasin / Syamsir Kamal - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pendekatan scientific untuk meningkatkan kemandirian belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 10 Banjarmasin / Syamsir Kamal

Kamal, Syamsir (2015) Implementasi pendekatan scientific untuk meningkatkan kemandirian belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 10 Banjarmasin / Syamsir Kamal. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kamal Syamsir 2014 Implementasi Pendekatan Scientific Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Banjarmasin. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Ipung Yuwono M.S M.Sc. (II) Dr. Swasono Rahardjo S.Pd M.Si. Kata Kunci Pendekatan Scientific Kemandirian belajar matematika siswa 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemandirian belajar siswa SMA Negeri 10 Banjarmasin khususnya pada mata pelajaran matematika. Kemandirian belajar siswa dalam matematika merupakan salah satu aspek yang ikut menunjang kesuksesan dan prestasi siswa dalam belajar matematika. Salah satu pendekatan pembelajaran yang bisa meningkatkan kemandirian belajar matematika siswa adalah pendekatan scientific. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pembelajaran dengan pendekatan scientific yang dapat meningkatkan kemandirian belajar matematika siswa. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini adalah penelitian dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas X SMA Negeri 10 Banjarmasin. Data implementasi pendekatan scientiific diperoleh dari observasi aktivitas guru observasi aktivitas siswa dan wawancara. Data kemandirian belajar matematika siswa diperoleh dari observasi kemandirian belajar siswa wawancara dan angket kemandirian belajar matematika siswa. Data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes hasil belajar pada setiap akhir siklus. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan scientific yang dapat meningkatkan kemandirian belajar matematika siswa terdiri dari 5 (lima) langkah atau yang disingkat dengan 5M yaitu (1) Mengamati (2) Menanya (3) Mengasosiasi (4) Mengumpulkan informasi dan (5) Mengomunikasikan mampu meningkatkan kemandirian belajar matematika siswa. Hal ini tampak dari adanya peningkatan percaya diri peningkatan inisiatif peningkatan tanggung jawab dan peningkatan motivasi dalam belajar matematika. 12288 12288 12288 12288 Guru matematika yang ingin menerapakan pembelajaran dengan pedekatan scientific disarankan untuk mempersiapkan perangkat pembelajaran matematika yang lebih kreatif inovatif dan interaktif yang dapat membuat siswa semakin asyik dan bersemangat dalam belajar matematika. Guru memotivasi siswa yang pasif atau kurang berani bertanya dan mengemukakan pendapatnya. Guru juga harus lebih banyak menggali informasi bersikap proaktif dan kreatif sehingga guru akan lebih memahami makna dari masing-masing kegiatan pada tahapan-tahapan pembelajaran dengan pendekatan scientific.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110487

Actions (login required)

View Item View Item