Arifin (2015) Pengembangan buku siswa "Aljabar Awal" yang valid, praktis dan efektif bercirikan penemuan terbimbing / Arifin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Arifin. 2014. Pengembangan Buku Siswa Aljabar Awal yang Valid Praktis dan Efektif Bercirikan Penemuan Terbimbing. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pem-bimbing (I) Prof. H. Akbar Sutawidjaja M.Ed Ph.D. (II) Dr. Abdur Rahman As ari M.Pd M.A. Kata Kunci Pengembangan buku siswa aljabar awal penemuan terbimbing valid praktis efektif. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk bahan ajar matematika kelas VII SMP berupa buku siswa materi aljabar awal pada kompetensi dasar menentukan variabel pada persamaan dan pertaksamaan linear satu variabel buku siswa yang dihasilkan bercirikan penemuan terbimbing yang valid praktis dan efektif. Ciri buku siswa yang dihasilkan memuat langkah 61485 langkah penemuan terbimbing yaitu (1) membaca memahami masalah (2) menyusun/memproses/ mengorganisir data (3) membuat dugaan (4) menyampaikan/menuliskan dugaan dan (5) latihan soal untuk menguji kebenaran pemahaman dugaan. Melalui buku siswa bercirikan penemuan terbimbing diharapkan dapat memaksimalkan keterlibatan siswa dalam mengonstruksi sendiri pemahamannya terhadap materi yang sedang dipelajari. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan mengadopsi model 4D (four D model) yaitu define design develop dan disseminate. Uji produk dilaksanakan di SMP Negeri 2 Gondanglegi kelas tujuh tahun pelajaran 2013/2014. Tahap disseminate tidak dilakukan dengan alasan waktu dan biaya penelitian. Hasil validasi ahli dan praktisi menunjukkan buku siswa yang telah dikembangkan valid dengan skor rata 61485 rata aspek isi 2 52. Instrumen yang dikembangkan untuk menguji kepraktisan dan kefektifan buku siswa terdiri dari RPP lembar observasi keterlaksanaan buku siswa angket respon siswa dan tes penguasaan materi. Hasil validasi ahli dan praktisi terhadap instrumen diperoleh skor rata 61485 rata seluruh aspek berturut 61485 turut RPP [2 48] lembar observasi [2 67] angket respon siswa [2 58] dan tes penguasaan materi [2 66] berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan disimpulkan semua instrumen valid. Hasil uji coba buku siswa dalam pembelajaran siswa kelas 7C dan 7A yang diamati oleh 2 orang observer pada keterlaksaan buku siswa diperoleh skor rata 61485 rata berturut 61485 turut 2 34 dan 2 6 disimpulkan buku siswa memenuhi kriteria praktis. Hasil analisis angket respon siswa dan tes penguasaan materi diperoleh kesimpulan buku siswa efektif. Berdasarkan hasil tersebut disarankan (1) buku siswa dapat digunakan pada pembelajaran di SMP Negeri 2 Gondanglegi (2) memperbaiki kekurangan pada buku siswa ini diantaranya tidak ada kunci jawaban dari setiap latihan terlalu banyak kata 61485 kata membuat siswa jenuh dan belum ada buku guru (3) melakukan penelitian lanjutan uji coba buku siswa ini pada sekolah lain di Kabupaten Malang atau tempat lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Jan 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110485 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |