Pembelajaran think fair share dengan lembar kerja siswa berbantuan program winGeom untuk meningkatkan kemampuan visualisasi dimensi tiga siswa kelas X SMA Negeri 1 Pulau Laut Timur / Syari Arbayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran think fair share dengan lembar kerja siswa berbantuan program winGeom untuk meningkatkan kemampuan visualisasi dimensi tiga siswa kelas X SMA Negeri 1 Pulau Laut Timur / Syari Arbayanti

Arbayanti, Syari (2015) Pembelajaran think fair share dengan lembar kerja siswa berbantuan program winGeom untuk meningkatkan kemampuan visualisasi dimensi tiga siswa kelas X SMA Negeri 1 Pulau Laut Timur / Syari Arbayanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Arbayanti Syari. 2014. Pembelajaran Think Pair Share Dengan LKS Berbantuan Program WinGeom Untuk Meningkatkan Kemampuan Visualisasi Dimensi Tiga Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pulau Laut Timur. Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Toto Nusantara M. Si (2) Dr. Abd Qohar MT Keywords Think Pair Share Program WinGeom Kemampuan Visualisasi 12288 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran bangun ruang membutuhkan alat peraga yang berupa model-model bangun ruang yang bisa dilihat dan diamati secara langsung. Hal ini disebabkan alat peraga faktanya mampu mengubah materi ajar yang abstrak menjadi konkrit dan realistik. Saat pembelajaran guru jarang menggunakan media. Selain itu pada proses pembelajaran guru seringkali mendominasi sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam memberikan pendapat mereka. Siswa tidak maksimal mengkonstruksi pengetahuan mereka sendiri karena hanya menerima transfer pengetahuan dari penjelasan yang diberikan oleh guru. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan pada kelas X U di SMA Negeri 1 Pulau Laut Timur dari wawancara dengan guru dan siswa diketahui bahwa nilai siswa rendah pada materi geometri. Pada pengamatan di kelas siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan membayangkan bentuk bangun ruang untuk menyelesaikan soal. Penerapan model pembelajaran yang tepat perlu dilakukan dalam upaya meningkatkan kemampuan visualisasi siswa pada materi dimensi tiga. Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan menggunakan bantuan berupa program WinGeom diajukan dalam penelitian ini untuk mengatasi permasalahan di atas. Dengan metode pembelajaran ini siswa akan mengalami sendiri pembelajaran melalui eksplorasi dengan program WinGeom kemudian saling berbagi pendapat sehingga dapat meningkatkan kemampuan visualisasi siswa pada materi dimensi tiga. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan lembar kerja siswa berbantuan WinGeom yang meningkatkan kemampuan visualisasi dimensi tiga siswa kelas X SMA Negeri 1 Pulau Laut Timur. 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan tujuan penelitian maka digunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah 19 orang siswa kelas X U pelaksanaan penelitian pada semester genap tahun ajaran 2013-2014. Data yang dikumpulkan meliputi (1) Hasil lembar kerja siswa (2) Hasil observasi kegiatan guru (3) Hasil observasi kegiatan siswa (4) Hasil tes (5) lembar catatan lapangan. 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan LKS berbantuan program WinGeom yang dapat meningkatkan kemampuan visualisasi dimensi tiga meliputi 3 tahapan yaitu (a) tahap awal berupa apersepsi dan motivasi mengingatkan materi sebelumnya (b) tahap inti yaitu dilaksanakan tahap think siswa mengerjakan LKS secara individu sambil mengamati dan mengeksplorasi program WinGeom tahap pair siswa berpasangan dengan kelompoknya untuk berdiskusi menyelesaikan LKS sambil mengamati program WinGeom tahap share siswa mempresentasikan hasil diskusinya dan saling berbagi pendapat untuk mendapatkan kesimpulan penyelesaian dari LKS (c) Tahap penutup yaitu guru bersama siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari. Kemampuan visualisasi siswa mengalami peningkatan dilihat dari (a) lembar kerja think siklus I sebesar 84% meningkat pada siklus II sebesar 89 % (b) hasil belajar siswa siklus I sebesar 79% meningkat pada siklus II sebesar 89% dengan memperoleh nilai minimal 70. Berdasarkan hasil penelitian juga menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan LKS berbantuan program WinGeom dapat meningkatkan kemampuan visualisasi dimensi tiga siswa kelas X U di SMA Negeri 1 Pulau Laut Timur. 12288 12288 12288 12288 12288

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110482

Actions (login required)

View Item View Item