Penerapan pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk memahamkan trigonometri siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Pamukan Utara / Willmar Fensisca Simanjuntak - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk memahamkan trigonometri siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Pamukan Utara / Willmar Fensisca Simanjuntak

Simanjuntak, Willmar Fensisca (2015) Penerapan pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk memahamkan trigonometri siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Pamukan Utara / Willmar Fensisca Simanjuntak. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Simanjuntak W. F. 2014. Penerapan Pembelajaran Think Pair Share Untuk Memahamkan Trigonomeri Siswa Kelas X-1 Sman Negeri 1 Pamukan Utara. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Akbar Sutawidjaja M.Ed Ph.D (II) Prof. Dr. Ipung Yuwono M.S M.Sc. Kata Kunci Think Pair Share Pemahaman Trigonometri. Berdasarkan hasil observasi awal pembelajaran di SMAN 1 Pamukan Utara umumnya masih menggunakan pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Pada pembelajaran ini biasanya guru menggunakan metode ceramah tanya jawab dan tugas latihan/soal. Kesalahan konsep suatu materi yang dialami siswa menyebabkan sekitar 40%-60% hasil belajar siswa masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal. Dalam mengatasi masalah tersebut perlu dilakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran yang dapat memahamkan konsep tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui rancangan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar siswa dengan menggunakan Think Pair Share di SMA Negeri 1 Pamukan Utara. Subjek penelitian ini adalah 22 siswa kelas X-1. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian ini terdiri atas dua siklus. Data yang dikumpulkan meliputi (1) data utama yaitu proses pembelajaran yang dilakukan peneliti (2) data pendukung yang terdiri dari (a) hasil tes siswa (b) hasil observasi aktivitas guru dan siswa dan (c) wawancara. Materi yang digunakan adalah trigonometri khususnya perbandingan trigonometri. Hasil penelitian ini bahwa dengan penerapan pembelajaran Think Pair Share dapat memahamkan trigonometri pada siswa. Pada siklus pertama diperoleh data hasil observasi kegiatan pembelajaran dengan kriteria baik. Namun dari hasil tes akhir ada 7 orang siswa yang belum memahami konsep. Sejalan dengan itu hasil belajar siswa secara klasikal tuntas sebanyak 68 18% sehingga tindakan ini belum mencapai kriteria keberhasilan. Setelah perbaikan pembelajaran dilakukan pada siklus kedua data hasil observasi kegiatan pembelajaran pada kriteria sangat baik. Hal ini juga berakibat pada peningkatan hasil belajar siswa yang mencapai 86 36% dengan rata-rata nilai siswa keseluruhan sebesar 86 36. Berdasarkan hasil penelitian ini penerapan pembelajaran Think Pair Share dapat memahamkan trigonometri siswa kelas X-1 SMAN 1 Pamukan Utara.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110471

Actions (login required)

View Item View Item