Perbedaan karakteristik pemikiran kreatif siswa SMK dalam pemecahan masalah ( Problem Solving) dan pengajuan masalah (Problem Posing) pada materi program linear / Faried Syafii - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan karakteristik pemikiran kreatif siswa SMK dalam pemecahan masalah ( Problem Solving) dan pengajuan masalah (Problem Posing) pada materi program linear / Faried Syafii

Syafii, Faried (2015) Perbedaan karakteristik pemikiran kreatif siswa SMK dalam pemecahan masalah ( Problem Solving) dan pengajuan masalah (Problem Posing) pada materi program linear / Faried Syafii. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Syafii Faried. 2014. Perbedaan Karakteristik Pemikiran Kreatif Siswa SMK dalam Pemecahan Masalah (Problem Solving) dan Pengajuan Masalah (Problem Posing) pada Materi Program Linear. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Abdur Rahman As ari M.Pd. M.A. (II) Drs. Tjang Daniel Chandra M.Si Ph.D. Kata Kunci Berpikir Kreatif Pemecahan Masalah Pengajuan Masalah Program Linear 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan karakteristik pemikiran kreatif siswa SMK dalam pemecahan masalah dan pengajuan masalah pada materi program linear. Peneliti ingin memperoleh data yang mendalam secara alami melalui jawaban pada lembar tugas dan hasil wawancara dari setiap subjek. Sehingga data dari penelitian ini merupakan data verbal yang akan dipaparkan sesuai dengan kejadian yang terjadi dalam penelitian dan analisis data yang dilakukan secara induktif. Sesuai dengan karakteristik yang dikemukakan di atas maka pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Cara berpikir kreatif siswa meliputi kelancaran berpikir (fluency) keluwesan berpikir atau fleksibel (flexibility) originalitas (originality) memperinci (elaboration) dan menilai (evaluation). Cakupan materi program linear tersebar ke dalam lembar tugas yang diberikan pada siswa dari memecahkan masalah sampai proses menemukan masalah dan jawabannya. 12288 12288 12288 Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa perbedaan karakteristik pemikiran kreatif siswa terletak pada hasil dan produk berpikir kreatif yang digunakan. Siswa yang dikatakan berpikir kreatif jika semua produk berpikir kreatif muncul dalam menjawab lembar tugas yang diberikan. Sebaliknya siswa yang kurang kreatif tidak mampu memunculkan semua produk berpikir kreatif dalam menjawab lembar tugas materi program linear. 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan perlu adanya penelitian yang lebih banyak dan mendalam lagi tentang perbedaan karakteristik pemikiran kreatif terhadap objek-objek matematika yang lain dan perlu juga dilakukan konfirmasi yang jelas dan rinci terhadap semua jawaban dan pendapat subjek yang diteliti serta perlu adanya model pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam memperoleh dan meningkatkan kemampuan berpikir kreatifnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110470

Actions (login required)

View Item View Item