Implemenasi pembelajaran M-APOS berseting STAD untuk meningkatkan pemahaman homomorfisma grup bagi mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang / Zuhrotun Nazihah - Repositori Universitas Negeri Malang

Implemenasi pembelajaran M-APOS berseting STAD untuk meningkatkan pemahaman homomorfisma grup bagi mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang / Zuhrotun Nazihah

Nazihah, Zuhrotun (2015) Implemenasi pembelajaran M-APOS berseting STAD untuk meningkatkan pemahaman homomorfisma grup bagi mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang / Zuhrotun Nazihah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nazihah Zuhrotun. 2014. Implementasi Pembelajaran M-APOS Berseting STAD untuk Meningkatkan Pemahaman Homomorfisma Grup bagi Mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang. Tesis. Program studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Toto Nusantara M.Si (2) Dr. I Nengah Parta S.Pd M.Si Kata Kunci Teori APOS M-APOS berseting STAD pemahaman homomorfisma grup. Ahli matematika menyetujui bahwa guru matematika sekolah menengah harus mempunyai pemahaman tentang sistem bilangan real aljabar abstrak aljabar linier geometri modern peluang dan statistika serta diferensial dan kalkulus integral (Bell 1978 3). Salah satu mata kuliah yang mempelajari tentang aljabar abstrak adalah Struktur Aljabar 1. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa bahwa pemahaman mahasiswa terhadap konsep-konsep dalam Struktur Aljabar 1 masih rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan model pembelajaran yang memperhatikan proses berpikir mahasiswa. Salah satunya adalah pembelajaran berdasarkan teori APOS. Proses berpikir seseorang berdasarkan teori APOS terdiri dari empat konstruksi mental yaitu aksi proses objek dan skema. Pembelajaran ini dipadukan dengan pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD). Dengan pembelajaran kooperatif mahasiswa termotivasi untuk melakukan kerja sama dan pembelajaran bermakna. 12288 12288 12288 12288 Tahapan yang digunakan dalam pembelajaran M-APOS berseting STAD adalah (1) presentasi kelas (2) belajar dalam tim yang terdiri dari tahapan aktivitas diskusi kelas dan latihan dalam pembelajaran M-APOS (3) kuis dan (4) rekognisi tim. Tahap presentasi kelas aktivitas dan diskusi kelas dilaksanakan pada perteman pertama. Sedangkan tahap latihan soal kuis dan rekognisi tim dilaksanakan pada pertemuan kedua.Kegiatan yang dilakukan pada tahap aktivitas menggambarkan kostruksi mental tingkat aksi. Pada tahap diskusi kelas mahasiswa diberi kesempatan untuk mengemukakan ide-ide yang diperoleh pada tahap aktivitas. Pada tahap latihan mahasiswa mengerjakan latihan soal yang menggambarkan kostruksi mental tingkat proses objek dan skema. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah 25 mahasiswa angkatan 2012 off A dan 24 mahasiswa angkatan 2012 R2. Data yang diambil adalah proses berlangsungnya tindakan yang terekam dalam LKM tes akhir dan lembar observasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran M-APOS berseting STAD membantu meningkatkan pemahaman homomorfisma grup bagi mahasiswa. Hal ini didukung dengan hasil kuis dan tes akhir mahasiswa. hasil tes akhir siklus I tujuh mahasiswa mencapai tingkat pemahaman objek dan sepuluh mahasiswa mencapai tingkat pemahaman skema. Pada siklus II tiga belas mahasiswa mencapai tingkat pemahaman objek dan tujuh mahasiswa mencapai tingkat pemahaman skema.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110468

Actions (login required)

View Item View Item