Samsuriadi (2014) Penerapan strategi inkuiri berbantuan media manipulatif untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII A MTs Ar-Rusydiniy NW Segaet / Samsuriadi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Samsuriadi 2014. Penerapan Strategi Inkuiri Berbantuan Media Manipulatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIIIA MTs Ar-Rusydiny NW Segaet. Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof Akbar Sutawidjaja Ph.D. (II) Dr. I Nengah Parta S.Pd. M.Si. Kata Kunci Strategi Inkuiri Media Manipulatif Hasil Belajar Matematika 12288 12288 12288 12288 Rendahnya hasil belajar siswa pada materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII A berawal dari masalah-masalah yang terjadi di MTs Ar Rusydiny NW Segaet Lombok Timur yaitu (1) guru menjelaskan dipapan tulis (2) menulis rumus memberikan contoh soal dan meminta siswa untuk mengerjakan soal latihan. Selain itu dari hasil pengamatan dilapangan siswa terlihat pasif di kelas takut bertanya dan seringkali menganggap matematika sebagai pelajaran yang sulit dipahami dengan banyak hafalan. Menurut peneliti salah satu strategi yang dapat mengatasi masalah di atas adalah dengan menerapkan strategi Inkuiri dimana Strategi Inkuiri termasuk dalam pembelajaran beroreantasi konstruktivis yang memberikan peluang kepada siswa untuk mengkonstruksi sendiri dan menumbuhkan sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran. Selain itu strategi inkuiri juga menekankan pada proses mencari dan menemukan sendiri sementara guru berperan sebagai fasilitator dalam proses bimbingan siswa untuk belajar. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan latar belakang di atas maka peneliti melakukan penelitian dengan judul Penerapan Strategi Inkuiri Berbantuan Media Manipulatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII.A MTs Ar-Rusydiny NW Segaet. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sumber data siswa kelas VIIIA MTs Ar Rusydiny NW Segaet Lombok Timur. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIIIA MTs Ar-Rusydiny NW Segaet. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil pengamatan terhadap aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 77 73% untuk observer 1 rata-rata untuk observer 2 yaitu 79 55%. Rata-rata untuk kedua observer secara klasikal diperoleh 78 64%dapat dikatakan berada pada kategori Cukup. Sementara hasil pengamatan terhadap aktivitas guru pada siklus I diperoleh rata-rata 82 73% untuk observer 1 rata-rata untuk observer 2 yaitu 81 36%. Rata-rata kedua observer secara klasikal diperoleh 82 05 atau dapat dikatakan berada pada kategori baik. Data hasil tes belajar matematika siswa diperoleh persentase skor rata-rata yaitu 72 72%. Hasil tes akhir siklus I diperoleh informasi bahwa persentasenya belum memenuhi standar minimal 85% dari keseluruhan siswa mendapatkan skor 8805 70. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pada siklus I perlu dilakukan perbaikan untuk siklus selanjutnya dimana siswa yang berkemampuan rendah kurang aktif dalam menyampaikan ide/gagasannya selain itu pembelajaran masih didominasi oleh siswa yang berkemampuan tinggi sehingga mengakibatkan pembelajaran berjalan kurang normal. 12288 12288 12288 12288 Hasil pengamatan terhadap aktivitas siswa pada siklus II diperoleh rata-rata 92 27% untuk observer 1 rata-rata untuk observer 2 yaitu 89 09%. Rata-rata untuk kedua observer secara klasikal diperoleh 90 23% dapat dikatakan berada pada kategori Sangat Baik. Sementara hasil pengamatan terhadap aktivitas guru pada siklus II diperoleh rata-rata 92 27 untuk observer 1 rata-rata untuk observer 2 yaitu 93 64%. Rata-rata kedua observer secara klasikal diperoleh 92 95% atau dapat dikatakan berada pada kategori sangat baik. Data tes hasil belajar matematika siswa diperoleh persentase skor rata-rata yaitu 86 36%. Hasil tes akhir siklus II diperoleh informasi bahwa persentasenya sudah memenuhi standar minimal 85% dari keseluruhan siswa mendapatkan skor 8805 70. Dengan kata lain siklus II sudah memenuhi standar minimal yang ditetapkan sehingga tidak perlu lagi dilanjutkan ke siklus selanjutnya. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut (1) Strategi inkuiri yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika (2) persentase aktivitas belajar dari siklus I mengalami kemajuan ke siklus II. Sedangkan saran dalam penelitian ini adalah (1) Berdasarkan hasil yang telah diperoleh yaitu langkah-langkah strategi inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa maka disarankan kepada guru dapat digunakan sebagai alternatif strategi pembelajaran (2) Penelitian ini hanya terbatas pada satu kelas pembelajaran matematika saja maka disarankan peneliti lain dapat memperluas permasalahan misalnya dengan menerapkan pada pembelajaran yang lain dan jika memungkinkan dapat memperluas sumber datanya (3) Disadari bahwa masih terdapat kekurangan dan kelemahan dalam penelitian ini maka saran masukan sangat diharapkan demi kesempurnaan penelitian selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Sep 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110458 |
Actions (login required)
View Item |