Pengembangan perangkat pembelajaran matematika bercirikan open-ended materi persamaan linier satu variabel kelas VII / Siti Khoiruli Ummah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran matematika bercirikan open-ended materi persamaan linier satu variabel kelas VII / Siti Khoiruli Ummah

Ummah, Siti Khoiruli (2014) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika bercirikan open-ended materi persamaan linier satu variabel kelas VII / Siti Khoiruli Ummah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ummah Siti Khoiruli 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Bercirikan Open-Ended Materi Persamaan Linier Satu Variabel Kelas VII. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Ipung Yuwono M. S. M. Sc. (II) Dr. rer. nat. I Made Sulandra M. Si. Kata Kunci perangkat pembelajaran matematika open-ended persamaan linier satu variabel 12288 12288 12288 Dari hasil observasi di kelas VII-H Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Jombang diperoleh data mengenai permasalahan yang berkaitan dengan pembelajaran. Permasalahan yang ditemukan yaitu proses diskusi kelompok tidak berjalan optimal karena tidak ada komunikasi antar anggota kelompok saat diskusi berlagsung. Permasalahan yang diselesaikan siswa melalui diskusi bersifat prosedural. Hal ini mengakibatkan siswa tidak mempunyai pilihan lain atau terdapat prosedur penyelesaian dan solusi permasalahan yang tunggal saat diselesaikan melalui diskusi kelompok. Oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana mengembangkan perangkat pembelajaran matematika bercirikan open-ended pada materi persamaan linier satu variabel yang valid praktis dan efektif . 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika bercirikan Open-Ended materi persamaan linier satu variabel kelas VII yang valid efektif dan praktis. Produk pengembangan adalah perangkat pembelajaran berupa RPP yang dikembangkan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran melalui penyelesaian masalah open-ended menggunakan Strategi Polya dan Buku Kerja Siswa bercirikan open-ended yang memuat permasalahan-permasalahan open-ended. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 3-D Define (Pendefinisian) Design (Perancangan) dan Develop (Pengembangan) yang dimodifikasi dari 4-D. Tahap keempat dari model pengembangan 4-D (Four-D) yaitu Disseminate (Penyebaran) tidak dilakukan karena keterbatasan biaya. 12288 12288 12288 12288 Berdasar rekapitulasi hasil observasi keterlaksanaan penggunaan Buku Kerja Siswa dan aktivitas guru diperoleh skor rata-rata total untuk semua aspek () yaitu 3.57. Sesuai dengan kriteria kepraktisan yang ditetapkan yaitu berarti perangkat pembelajaran (RPP dan Buku Kerja Siswa) yang dikembangkan dapat disimpulkan praktis. Berdasar hasil observasi yang dilakukan oleh observer saat pembelajaran observer tidak memberikan catatan saran dan komentar. 12288 12288 12288 12288 Tingkat penguasaan materi diperoleh dari rekapitulasi hasil asesmen pengetahuan dan keterampilan melalui penyelesaian Buku Kerja Siswa diperoleh rata-rata kelas 2.72 dan termasuk kategori B sehingga dapat dinyatakan tuntas. Berdasar rekapitulasi hasil asesmen sikap kelompok diperoleh rata-rata kelas 3.49 dan termasuk kategori B sehingga dapat dinyatakan baik. Persentase ketuntasan belajar siswa berdasar tes hasil belajar (kuis) menunjukkan sebanyak 87.50% siswa tuntas mempelajari persamaan linier satu variabel. Berdasar tingkat penguasaan materi dari dapat disimpulkan penguasaan materi siswa baik. Rekapitulasi data aktivitas siswa menunjukkan skor rata-rata keaktifan siswa () adalah 3.60 dan termasuk kategori sangat aktif. Rekapitulasi respon siswa menunjukkan skor rata-rata respon setiap siswa pada setiap aspek angket respon siswa termasuk kategori positif. Dengan demikian dapat disimpulkan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif untuk digunakan pada pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 Saran pengembangan selanjutnya adalah dikembangkannya perangkat pembelajaran bericirikan open-ended pada materi matematika lainnya. Pembelajaran melalui penyelesaian masalah open-ended juga diharapkan dapat dilaksanakan di setiap kelas SMP Negeri 2 Jombang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110457

Actions (login required)

View Item View Item