Yuliastuti, Musni (2014) Pengembangan bahan ajar aritmatika sosial pada siswa SMP kelas VII dengan pendekatan saintifik / Musni Yuliastuti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Yuliastuti Musni. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Aritmatika Sosial pada Siswa SMP Kelas VII dengan Pendekatan Saintifik. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana (S2) Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Abdur Rahman As ari M.Pd M.A. (2) Dr. Hery Susanto M.Si Kata Kunci Pengembangan Bahan Ajar Aritmatika Sosial Pendekatan Saintifik. 12288 12288 12288 12288 Kurikulum 2013 mulai diberlakukan sejak tahun ajaran 2013/ 2014 namun begitu belum semua sekolah melaksanakannya. Ada perubahan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik merupakan proses pembelajaran dengan langkah-langkah mengamati menanya mengumpulkan informasi menalar dan mengomunikasikan. Pemerintah dalam hal ini Kemdikbud menyediakan buku siswa dan buku guru namun buku tersebut belum memuat pendekatan saintifik. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar siswa dan buku pedoman Guru. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan Plomp (2009) dengan tahapan (1) preliminary research yakni melakukan analisis kebutuhan dan konteks kajian literature dan mengembangkan kerangka kerja konseptual pengembangan (2) prototype yakni mengembangkan bentuk contoh bahan kemudian melakukan iterasi (siklus mikro) dengan menggunakan evaluasi formatif untuk meningkatkan dan memperbaiki bahan dan (3) assessment yakni melakukan evaluasi sumatif atau semi-sumatif untuk menyimpulkan apakah bahan yang dikembangkan dapat memecahkan masalah yang telah dispesifikasi. 12288 12288 12288 12288 Hasil pengembangan berupa Bahan Ajar Siswa dan Buku Pedoman Guru materi Aritmatika Sosial dengan pendekatan saintifik. Bahan ajar siswa dan buku pedoman Guru telah divalidasi oleh ahli dan praktisi tentang aspek kegunaan kelayakan dan ketepatan dengan hasil sangat valid. Hasil uji coba kelompok kecil ada beberapa salah ketik. Berdasar hasil uji coba kelas natural dapat disimpulkan bahwa siswa merasa senang melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan hasil belajar siswa bagus. Nilai rata-rata hasil belajar 88 08 dan 2 siswa dibawah KKM 75. 12288 12288 12288 12288 Saran untuk pemanfaatan dan pengembangan produk lebih lanjut adalah bahan ajar siswa dan buku pedoman Guru ini dapat digunakan untuk kegiatan belajar mengajar di seluruh kelas VII SMP Negeri 1 Wagir. Jika digunakan untuk siswa pada sekolah lain maka perlu dilakukan observasi lebih lanjut. Disarankan bahan ajar dikembangkan untuk KD-KD yang lain agar siswa lebih mudah belajar dengan pendekatan santifik dan Guru lebih mahir menyusun bahan ajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Sep 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110456 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |