Pembelajaran open ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Malang pada materi bangun ruang / Fahmi Abdul Halim - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran open ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Malang pada materi bangun ruang / Fahmi Abdul Halim

Halim, Fahmi Abdul (2014) Pembelajaran open ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Malang pada materi bangun ruang / Fahmi Abdul Halim. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Halim Fahmi Abdul. 2014. Pembelajaran Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Malang pada Materi Bangun Ruang. Tesis Program Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Purwanto Ph.D dan (II) Dr. Abdul Qohar M.T Kata Kunci Masalah Open-Ended Bangun Ruang Berfikir Kreatif 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran seyogyanya mengantarkan siswa untuk mampu menyelesaikan masalah dengan beragam penyelesaian namun di sekolah hal tersebut jarang diimplementasikan saat peneliti melakukan observasi di SMP Muhammadiyah 4 Malang proses pembelajaran masih berpusat pada guru metode yang dipakai masih ceramah sehingga siswa hanya mendengarkan dan pasif pemberian soal masih berupa soal dengan jawaban tunggal. Solusi dari permasalahan di atas yaitu dengan menggunakan pembelajaran open-ended pembelajaran open-ended sangat baik digunakan dalam pembelajaran matematika karena dapat meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa. Dari pemaparan di atas peneliti akan melakukan penelitian Pembelajaran open-ended untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa SMP Muhammadiyah 4 Malang. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Open-Ended yang dapat meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Malang tahun ajaran 2013/2014. Tahap penelitian dimulai dengan perencanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Kegiatan merencanakan adalah menyusun perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian kemudian memvalidasinya serta melakukan tes awal dan membentuk kelompok belajar. Kegiatan tindakan adalah menerapkan pembelajaran open-ended pada materi bangun ruang di kelas VIII semester dua. Kegiatan mengamati dilakukan oleh dua orang pengamat secara bersamaan. Kegiatan merefleksi dilakukan berdasarkan hasil pengamatan kemudian mengambil kesimpulan apakah kemampuan berfikir kreatif siswa pada materi bangun ruang sudah meningkat atau belum. 12288 12288 12288 12288 Dari penelitian diperoleh bahwa langkah-langkah pembelajaran open-ended yang dapat meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa sebagai berikut Tahap awal (1) orientasi. pada tahap ini guru menyampaikan maksud dari pembelajaran open-ended dan menjelaskan pentingnya mempelajari materi bangun ruang. Tahap inti (2) guru menyajikan materi atau masalah open-ended tentang bangun ruang. (3) Siswa kemudian mengerjakan masalah open-ended yang diberikan guru secara individu. (4) Siswa diminta mendiskusi masalah open-ended yang telah dikerjakan secara individu dengan anggota kelompok yang telah dibentuk sebelumnya dimana setiap kelompok terdiri dari 3 4 siswa. (5) Setelah diskusi kelompok siswa diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok. Tahap akhir (6) membuat kesimpulan. Pada tahap ini guru membimbing siswa untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari. Kemampuan berfikir kreatif siswa dikatakan meningkat jika setelah pembelajaran dilakukan kemampuan berfikir kreatif siswa meningkat dan sebanyak minimal 60% dari keseluruhan siswa memperoleh skor minimal 65 pada tes akhir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran open-ended pada materi bangun ruang kelas VIII semester dua telah meningkat. Kemampuan berfikir kreatif siswa meningkat 20% dari tindakan sebelumnya dan 60% dari jumlah siswa memperoleh skor 65 atau berada pada kategori cukup kreatif atau kreatif. Berdasarkan hasil penelitian juga diperoleh data bahwa penerapan pembelajaran open-ended pada materi bangun ruang dapat meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Malang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110451

Actions (login required)

View Item View Item