Defragmenting proses berpikir melalui pemetaan kognitif (cognitive mapping) untuk memperbaiki kesalahan siswa dalam memecahkan masalah proporsi / Ringki Agustinsa - Repositori Universitas Negeri Malang

Defragmenting proses berpikir melalui pemetaan kognitif (cognitive mapping) untuk memperbaiki kesalahan siswa dalam memecahkan masalah proporsi / Ringki Agustinsa

Agustinsa, Ringki (2014) Defragmenting proses berpikir melalui pemetaan kognitif (cognitive mapping) untuk memperbaiki kesalahan siswa dalam memecahkan masalah proporsi / Ringki Agustinsa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Agustinsa Ringki. 2014. Defragmenting Proses Berpikir Melalui Pemetaan Kognitif (Cognitive Mapping) Untuk Memperbaiki Kesalahan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Proporsi . Tesis Jurusan Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Subanji M.Si. (II) Dr. Sisworo M.Si. Kata kunci Defragmenting Pemetaan Kognitif Kesalahan Siswa Masalah Proporsi Rasio dan proporsi merupakan topik yang penting dalam matematika (Chaim Yaffa Bat-Sheva 2007) dan merupakan konsep yang mendasar dalam kurikulum matematika (Confrey dan Smith 1995 Nabor 2003). Namun beberapa penelitian telah menyorot bahwa siswa mengalami kesulitan menyelesaikan masalah proporsi (Sing 2000) sehingga banyak peneliti tertarik mengkaji topik ini (Hilton Mia Geoff 2012 Ledesma 2011 Hines dan McMahon 2005 Christou dan George 2002 Hardi Bambang Ade 2010). Untuk memperbaiki kesalahan siswa dalam memecahkan masalah proporsi ini perlu dilakukan penataan (defragmenting) proses berpikir sehingga menjadi proses berpikir yang benar. Dalam penelitian ini nantinya penataan (defragmenting) proses berpikir siswa akan dikaji melalui pemetaan kognitif (cognitive mapping). Untuk melihat kesalahan siswa dan melakukan defragmenting yaitu dengan cara memberikan masalah proporsi soal A. Selanjutnya untuk melihat keefektifan defragmenting dilakukan dengan memberikan masalah proporsi soal B. Penelitian ini dilakukan pada Siswa kelas VII SMP N 1 Kota Batu yang sudah menempuh materi perbandingan. Pengambilan data dilakukan dengan metode think-out-loud (TOL) atau sering disebut think aloud. Dalam metode (TOL) siswa diminta untuk mengungkapkan dengan keras apa yang sedang dipikirkan ketika mengerjakan masalah yang diberikan. Data yang diperoleh kemudian dikodekan dan dijadikan dasar untuk menggambarkan proses defragmenting yang dilakukan. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa kesalahan siswa dalam memecahkan masalah proporsi berdasarkan aktivitas problem solving diawali dengan kesalahan siswa dalam proses memahami masalah (understanding the problems) yang menyebabkan siswa salah menyusun persamaannya dan kesalahan prosedural. Selanjutnya kesalahan ini juga disebabkan karena siswa kurang memahami materi yang berhubungan dalam penyelesaian masalah proporsi seperti siswa kurang memahami konsep rasio operasi bilangan bulat operasi bentuk aljabar dan operasi pecahan bentuk aljabar. Terjadinya kesalahan siswa dalam memecahkan masalah proporsi yang kedua diakibatkan karena ketidak lengkapan struktur berpikir siswa dalam proses melaksanakan cara penyelesaian (device a plan). Adapun defragmenting yang dilakukan peneliti untuk memperbaiki kesalahan siswa tersebut adalah 1) meminta siswa untuk memahami kembali masalah yang diberikan 2) meminta siswa menentukan langkah awal dalam menyelesaikan masalah proporsi 3) meminta siswa menentukan bilangan pertama yang harus dicari 4) meminta siswa mengingat dan memahami konsep rasio operasi bilangan bulat operasi bentuk aljabar operasi pecahan bentuk aljabar dan 5) meminta siswa untuk melakukan pengecekan kembali dari jawaban yang sudah ditemukannya. Penelitian ini masih memiliki keterbatasan terutama yaitu hanya pada masalah proporsi senilai karena itu perlu adanya penelitian yang memfokuskan pada (1) Defragmenting proses berpikir untuk memperbaiki kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah proporsi berbalik nilai (2) Defragmenting proses berpikir untuk memperbaiki kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah pada materi matematika yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110449

Actions (login required)

View Item View Item