Mursalin (2014) Pengembangn buku siswa materi aritmetika sosial berbasis pembelajaran model treffinger untuk mendukung kemampuan berpikir kreatif siswa SMP Negeri 19 Malang / Mursalin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Mursalin 2014. Pengembangan Buku Siswa Materi Aritmetika Sosial Berbasis Pembelajaran Model Treffinger Untuk Mendukung Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Negeri 19 Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Cholis Sa dijah M.Pd. M.A (2) Tjang Daniel Candra M.Si.PhD. Kata Kunci Pengembangan Buku Siswa Pembelajaran Model Treffinger Berpikir Kreatif Aritmetika Sosial. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya temuan peneliti terhadap kurangnya kemampuan berpikir kreatif siswa di sekolah khususnya pada pelajaran matematika kelas VII SMP Negeri 19 Malang. Hal ini disebabkan oleh ketersediaan bahan ajar yang mendukung selain itu model pembelajaran juga sangat mempengaruhi rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa. Mengingat pentingnya mendukung kemampuan berpikir kreatif dimana berpikir kreatif merupakan salah satu aspek yang harus dikembangkan ditingkat sekolah yaitu melalui pelajaran matematika dengan matematika siswa dapat mengembangkan kemampuan penalaran berpikir logis kritis dan kreatif. Untuk mewujudkan itu memerlukan langkah-langkah yang komprehensif. Salah satunya melalui peran bahan ajar yang mengintegrasikan model belajar aktif kreatif. Namun berdasarkan pengamatan peneliti dan wawancara dengan beberapa guru matematika serta beberapa siswa SMP Negeri 19 Malang selama ini pembelajaran matematika khususnya siswa kelas VII belum pernah menggunakan buku siswa hasil pengembangan guru sebagai bahan ajar. Untuk mengatasi masalah tersebut maka salah satu cara yang peneliti lakukan adalah dengan mengembangkan bahan ajar berupa buku siswa. Buku siswa yang peneliti kembangkan ini bercirikan pada salah satu model pembelajaran kreatif treffinger pada materi aritmetika sosial untuk mendukung kemampuan berpikir kreatif siswa. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan produk buku siswa berbasis pembelajaran model Treffinger untuk mendukung kemampuan berpikir kreatif siswa yang dilengkapi dengan perangkat pembelajaran yaitu RPP. Selain itu buku siswa yang dihasilkan ini diharapkan dapat mengatasi minimnya sumber belajar yang tersedia di SMP Negeri 19 Malang. Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan buku siswa ini adalah model pengembangan Plomp (2010). Pemilihan model ini didasarkan atas pertimbangan bahwa model ini dikembangkan secara sistematis berdasarkan landasan teoritis desain pembelajaran. Model ini di susun secara terprogram dengan urutan-urutan kegiatan yang sistematis dalam upaya memecahkan masalah pembelajaran khususnya masalah ketersediaan sumber belajar yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Produk pengembangan yang terdiri dari buku siswa dan RPP telah melewati beberapa tahap yakni (1) validasi oleh ahli (materi buku konstruk) (2) validasi oleh praktisi (guru) dan (3) ujicoba lapangan. Data hasil evaluasi tersebut yang berupa saran tanggapan dan penilaian dari subyek ujicoba digunakan sebagai masukan untuk merevisi dan menyempurnakan buku siswa dan RPP. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil validasi tiga orang validator diperoleh skor rata-rata keseluruhan aspek (Vk) yaitu 3 65 dari skala maksimun 4 00. Menurut kriteria kevalidan yang telah ditetapkan jika Vk 8805 3 maka buku siswa dapat disimpulkan memenuhi kriteria valid. Berdasarkan hasil observasi pada uji coba diperoleh tingkat keterlaksanaan buku siswa termasuk tinggi dengan skor rata-rata total semua aspek (Pk) adalah 3 55 dari skala maksimum 4 00. Sesuai dengan kriteria yang ditetapkan dapat disimpulkan bahwa hasil pengamatan keterlaksanaan buku siswa selama tujuh pertemuan sudah memenuhi kriteria kepraktisan. Sementara untuk indikator ketuntasan belajar ada tiga aspek yang peneliti tentukan (1) tes kemampuan berpikir kreatif sekaligus sebagai tes tingkat penguasaan materi (2) tes uji kompetensi (3) dan hasil kerja kelompok. Berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir kreatif sekaligus sebagai tes penguasaan materi terdapat 27 siswa dari total 32 siswa berada pada ketegori minmal cukup kreatif. Ini berarti ketuntasan secara klasikal 84 3% siswa berada pada kategori cukup kreatif. Selain itu rata-rata siswa berada pada kategori kreatif untuk ketiga uji kompetensi tersebut yaitu 62 8 dari skor maksimum 100 dan hasil kerja kelompok diperoleh rata-rata hasil kerja kelompok keseluruhan selama tujuh pertemuan uji coba adalah 70 8 dari skor maksimum 100 atau dapat dikatakan kreatif. Hasil perhitungan skor aktivitas siswa dari kedua pengamat selama uji coba buku siswa diperoleh skor rata-rata total untuk semua aspek (Pk) adalah 3 59 dari skala maksimun 4 00 atau dapat disimpulkan bahwa aktivitas siswa berada pada kategori aktif dan kriteria yang ditetapkan sudah terpenuhi. Berdasarkan hasil rekapitulasi angket respon siswa diperoleh kesimpulan bahwa respon siswa positif sehingga kriteria keefektifan buku siswa yang dilihat berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan buku siswa aktivitas siswa dan respon siswa telah memenuhi kriteria yang ditentukan. Atas dasar itu maka produk akhir berupa buku siswa materi aritmetika sosial berbasis pembelajaran model Treffinger untuk siswa kelas VII sudah memenuhi kriteria valid praktis dan efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Aug 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110447 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |