Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model problem based learning untuk siswa kelas XI SMK materi barisan dan deret / Randi Pratama Murtikusuma - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model problem based learning untuk siswa kelas XI SMK materi barisan dan deret / Randi Pratama Murtikusuma

Murtikusuma, Randi Pratama (2014) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model problem based learning untuk siswa kelas XI SMK materi barisan dan deret / Randi Pratama Murtikusuma. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Murtikusuma Randi Pratama. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Problem-Based Learning untuk Siswa Kelas XI SMK Materi Barisan dan Deret. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Subanji M.Si (II) Dr.rer.nat. I Made Sulandra M.Si Kata Kunci perangkat pembelajaran problem-based learning barisan dan deret 12288 12288 12288 12288 Perangkat pembelajaran merupakan kumpulan rambu-rambu bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang dimaksud dalam penelitian ini berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Buku Siswa dan Media Pembelajaran dalam bentuk Powerpoint slideshow. Perangkat pembelajaran ini dikembangkan dengan model Problem-Based Learning (PBL). PBL adalah sebuah model pembelajaran yang memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada siswa untuk menyelidiki permasalahan yang dihadapi dengan mengembangkan daya nalar matematika dimana guru hanya berperan sebagai fasilitator. Dalam penelitian ini masalah yang dimaksud adalah masalah matematika pada materi Barisan dan Deret yang erat kaitannya dengan kehidupan nyata. 12288 12288 12288 12288 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan model Problem-Based Learning pada materi Barisan dan Deret untuk siswa kelas XI SMK yang valid praktis dan efektif. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian model pengembangan Plomp yang terdiri atas 3 fase yaitu (i) Penelitian Awal (Preliminary Research) (ii) Fase Pengembangan (Prototyping Phase) dan (iii) Fase Penilaian (Assessment Phase). Kedua jenis data kualitatif dan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Data kualitatif berupa tanggapan dan saran perbaikan dari validator praktisi maupun siswa serta catatan lapangan. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari skor hasil validasi skor pada lembar observasi skor hasil tes penguasaan bahan ajar (TPBA) materi Barisan dan Deret dan angket respon siswa. Kegiatan analisis data digunakan untuk menilai apakah perangkat yang dikembangkan tersebut telah memenuhi syarat valid praktis dan efektif. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan telah memenuhi syarat valid praktis dan efektif. Hasil validasi perangkat yang dilakukan oleh tiga validator menunjukkan rata-rata nilai 3 27 untuk RPP 3 23 untuk Buku Siswa 3 33 untuk media Powerpoint 3 15 untuk masing-masing lembar penilaian aktivitas guru dan siswa 3 13 untuk lembar TPBA dan 3 22 untuk angket respon siswa. Nilai-nilai tersebut menunjukkan bahwa perangkat telah memenuhi kriteria valid. Sedangkan untuk kepraktisan dan keefektifan didapat dari hasil uji coba lapangan kelompok besar yang dilakukan di SMK Al-Inayah Purwosari Pasuruan. Kepraktisan didapat dari hasil observasi aktivitas guru yang menunjukkan kriteria baik. Ini berarti bahwa perangkat yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kedua yaitu praktis. Sedangkan keefektifan dinilai dari tiga hal yaitu hasil nilai TPBA siswa yang menunjukkan 80 65% siswa yang tuntas hasil observasi aktivitas siswa yang menunjukkan hasil sangat aktif dan hasil respon siswa yang menunjukkan kriteria positif dengan nilai 90 3%. Dari ketiga hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat telah memenuhi kriteria efektif. 12288 12288 12288 12288 Dari hasil analisis tersebut dapat dikatakan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan model PBL ini dapat digunakan untuk membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi guru pada materi Barisan dan Deret kelas XI SMK karena telah memenuhi tiga kriteria yaitu valid praktis dan efektif. Selanjutnya diperlukan uji coba pada sekolah lain yang berbeda kondisi untuk mendapatkan perangkat yang lebih berkualitas. Selain itu tingkat keefektifan perangkat yang telah dikembangkan ini dapat ditemukan dengan melakukan penelitian eksperimen ataupun tindakan kelas. Uji coba pada materi lain juga diperlukan untuk menguatkan hasil dari penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110445

Actions (login required)

View Item View Item