Pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer bercirikan penemuan terbimbing materi faktorisasi bentuk aljabar di kelas VIII MTs Nurul Islam Pungging Kabupaten Mojokerto / Ririn Hafsari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer bercirikan penemuan terbimbing materi faktorisasi bentuk aljabar di kelas VIII MTs Nurul Islam Pungging Kabupaten Mojokerto / Ririn Hafsari

Hafsari, Ririn (2014) Pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer bercirikan penemuan terbimbing materi faktorisasi bentuk aljabar di kelas VIII MTs Nurul Islam Pungging Kabupaten Mojokerto / Ririn Hafsari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hafsari Ririn. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer Bercirikan Penemuan Terbimbing Materi Faktorisasi Bentuk Aljabar Di Kelas VIII MTs Nurul Islam Pungging Kabupaten Mojokerto. Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Purwanto Ph. D. (II) Drs. Muchtar Abdul Karim M. A. Kata Kunci media pembelajaran penemuan terbimbing faktorisasi bentuk aljabar 12288 12288 12288 12288 Faktorisasi bentuk aljabar merupakan bagian yang dibahas dalam aljabar di MTs. Aljabar merupakan salah satu bidang kajian yang dianggap sulit oleh siswa. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap faktorisasi bentuk aljabar masih rendah. Salah satu faktor kesulitan siswa dalam mempelajari faktorisasi bentuk aljabar adalah siswa sulit memahami konsep-konsep yang ada pada materi tersebut. Materi faktorisasi bentuk aljabar didominasi oleh penggunaan simbol-simbol. Tidak adanya penerapan media yang dapat digunakan dalam pembelajaran faktorisasi bentuk aljabar yang mampu mengurangi derajat keabstrakan dan mempresentasikan konsep-konsep faktorisasi bentuk aljabar juga dianggap sebagai penyebabnya. Siswa tidak diberi kebebasan untuk menemukan sendiri (dapat juga dengan bantuan dan arahan dari guru) konsep faktorisasi bentuk aljabar. Oleh karena itu diperlukan usaha untuk mengembangkan media pembelajaran berbantuan komputer yang bercirikan penemuan terbimbing. 12288 12288 12288 12288 Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran berbantuan komputer bercirikan penemuan terbimbing pada materi faktorisasi bentuk aljabar di kelas VIII yang valid praktis dan efektif. 12288 12288 12288 12288 Model pengembangan yang digunakan dikembangkan oleh Thiagarajan Semmel Semmel (1974) dengan modifikasi sehingga menjadi tiga tahap pengembangan yaitu (1) define (pendefinisian) (2) design (perancangan) dan (3) develop (pengembangan). Subjek uji coba adalah semua siswa satu kelas yaitu kelas VIII MTs Nurul Islam Pungging Kabupaten Mojokerto. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil validasi dan hasil uji coba lapangan diperoleh media pembelajaran yang valid praktis dan efektif. Skor rata-rata untuk semua aspek hasil validasi ahli dan praktisi untuk media pembelajaran RPP dan tes penguasaan materi berturut-turut sebesar 2 49 2 41 dan 2 38 sehingga memenuhi kriteria valid yang ditetapkan yaitu Vk 8805 2. Skor rata-rata untuk semua indikator hasil observasi keterlaksanaan penggunaan media pembelajaran yang dilakukan oleh dua observer yaitu 2 51 memenuhi kriteria praktis yang ditetapkan yaitu Pk 8805 2. Media pembelajaran memenuhi kriteria efektif karena ketuntasan belajar siswa faktorisasi bentuk aljabar yang diukur melalui hasil nilai latihan mandiri dan hasil nilai tes penguasaan materi mencapai penguasaan klasikal sebesar 85 7% melebihi penguasaan klasikal yang ditetapkan yaitu 80%. Hasil pengamatan aktivitas siswa selama pembelajaran yang dilakukan oleh dua observer diperoleh skor rata-rata untuk semua indikator 2 64 memenuhi kriteria yang ditetapkan yaitu ak 8805 2. Respon siswa terhadap media pembelajaran berbantuan komputer positif dan diperoleh persentase sebesar 86 1%. Catatan komentar dan saran baik dari validator praktisi dan observer digunakan dalam merevisi produk pengembangan ini. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan penelitian pengembangan ini maka bagi peneliti lain yang berminat melaksanakan penelitian sama hendaknya melakukan pada sekolah yang memiliki karakteristik siswa yang serupa sehingga akan diperoleh gambaran lebih lanjut mengenai efektivitas media pembelajaran berbantuan komputer bercirikan penemuan terbimbing pada materi faktorisasi bentuk aljabar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110441

Actions (login required)

View Item View Item