Novianti, Anik (2014) Meningkatkan pemahaman konsep geometri menggunakan benda manipulatif pada siswa kelas V SD Muhammadiyah 4 Batu / Anik Novianti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Novianti Anik 2013 Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri Menggunakan Benda Manipulatif Pada Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 4 Batu.Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr.Ipung Yuwono M.Sc (II) Dra. Santi Irawati M.Si. Ph.D Kata kunci Benda Manipulatif Geometri Pemahaman Konsep 12288 12288 12288 Geometri adalah ilmu yang mempelajari tentang hubungan antara titik garis sudut bidang dan bangun-bangun ruang. Mempelajari geometri penting karena geometri telah menjadi alat utama untuk mengajar seni berpikir. Dengan berjalannya waktu geometri telah berkembang menjadi pengetahuan yang disusun secara menarik dan logis. Oleh karena itu pembelajaran geometri diberikan sejak sekolah dasar. Namun berdasarkan hasil observasi awal di kelas V SD Muhammadiyah 4 Batu menyatakan bahwa kegiatan pembelajaran geometri khususnya bangun datar masih berfokus pada guru.Selain itu guru masih jarang menggunakan media pembelajaran di kelas. Keadaan yang demikian menyebabkan siswa tidak bisa membangun pengetahuannya sendiri. Untuk itu perlu adanya perbaikan dalam proses pembelajaran matematika di kelas. 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep geometri siswa kelas V SD Muhammadiyah 4 Batu menggunakan benda manipulatif. Penelitian dilaksanakan pada 32 siswa kelas V SD dengan subjek wawancara terdiri dari 4 siswa yang dipilih berdasarkan hasil tes akhir. 12288 12288 12288 Kegiatan pembelajaran dilaksanakan dalam dua siklus. Pembelajaran pada siklus I dikatakan belum berhasil karena belum memenuhi kriteria kentuntasan klasikal. Pada siklus II semua kriteria keberhasilan sudah terpenuhi termasuk kriteria ketuntusan klasikal yaitu hasil tes akhir sebesar 84% yang melebihi dari KKM klasikal yaitu 80%. Berdasarkan hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan benda manipulatif dapat meningkatan pemahaman konsep geometri pada materi sifat-sifat bangun datar dan siswa senang selama pembelajaran dengan menggunakan benda manipulatif. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110440 |
Actions (login required)
View Item |