Chandra, Fitriana Eka (2014) Pengaruh pembelajaran matematika dengan pendekatan problem posing berbantuan mind mapping terhadap daya matematis siswa ditinjau dari gaya kognitif siswa / Fitriana Eka Chandra. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Chandra Fitriana Eka. 2014. Pengaruh Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Posing Berbantuan Mind Mapping terhadap Daya Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Abdur Rahman As ari M.Pd M.A. (2) Dr. Hery Susanto M.Si. 12288 12288 12288 12288 Kata Kunci Problem Posing Mind Mapping Daya matematis Gaya Kognitif 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Problem Posing berbantuan Mind Mapping terhadap daya matematis siswa ditinjau dari gaya kognitif siswa. Terdapat tiga rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) apakah daya matematis siswa yang mengikuti pembelajaran Problem Posing berbantuan Mind Mapping lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran Problem Posing (2) apakah siswa yang memiliki gaya kognitif field-independent memiliki daya matematis yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki gaya kognitif field-dependent (3) apakah terdapat interaksi antara pembelajaran Problem Posing berbantuan Mind Mapping dengan gaya kognitif yang dimiliki siswa terhadap daya matematis . 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu. Penelitian ini diikuti oleh 3 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 106 siswa dengan rincian masing-masing 42 siswa kelas VIIE dan F di SMPN 7 Jember sebagai kelas eksperimen (PPMM) dan kelas kontrol 1 (PP1) dan 32 siswa kelas VIID di SMPN 1 Arjasa sebagai kelas kontrol 2 (PP2). 12288 12288 12288 12288 Dengan menggunakan software SPSS versi 16 diimplementasikan analisis varian dua jalur. Hasil dari penelitian ini mengindikasikan (1) daya matematis siswa yang mengikuti pembelajaran Problem Posing berbantuan Mind Mapping lebih tinggi jika dibandingkan dengan siswa yang mengiktui pembelajaran Problem Posing (2) daya matematis siswa yang memiliki gaya kognitif field-independent lebih tinggi dibandingkan dengan yang memiliki gaya kognitif field-dependent dan (3) terdapat interaksi antara pembelajaran Problem Posing berbantuan Mind Mapping dengan gaya kognitif yang dimiliki siswa terhadap daya matematis. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil studi diatas peneliti menyarankan untuk (1) membangun penelitian lain dengan permasalahan yang sama tetapi dalam pembelajaran non-kooperatif baik pada kelas PP maupun PPMM. Siswa diberikan kebebasan untuk melakukan aktivitas Problem Posing secara individu. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara daya matematis siswa field-depndent dan field-independent dalam pembelajaran secara kooperatif dan non-kooperatif. Selain itu diperlukan mengembangkan tes pengukur daya matematis yang lebih lengkap dan detail dalam mengukur setiap komponen daya matematis. Terakhir perlu untuk mengkonstruksi tes komunikasi matematik yang mengukur kemampuan komunikasi matematik siswa secara lisan. Hal ini dikarenakan komunikasi matematik tidak hanya terkait dengan kemampuan siswa dalam menuliskan ide secara tertulis melainkan juga mengekspresikan ide secara lisan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110439 |
Actions (login required)
View Item |