Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model anchored instruction untuk kelas inklusi yang mendukung kemandirian siswa berkebutuhan khusus / Dian Kristanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model anchored instruction untuk kelas inklusi yang mendukung kemandirian siswa berkebutuhan khusus / Dian Kristanti

Kristanti, Dian (2014) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model anchored instruction untuk kelas inklusi yang mendukung kemandirian siswa berkebutuhan khusus / Dian Kristanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kristanti Dian. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Anchored Instruction (AI) untuk Kelas Inklusi yang Mendukung Kemandirian Siswa Berkebutuhan Khusus. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Cholis Sa dijah M.Pd. M.A. (II) Drs. Tjang Daniel Chandra M.Si. Ph.D. Kata kunci pengembangan perangkat pembelajaran matematika anchored instruction inklusi mandiri. Tulisan ini berisi tentang pengembangan perangkat pembelajaran matematika model Anchored Instruction (AI) untuk kelas inklusi yang mendukung kemandirian siswa berkebutuhan khusus. Perangkat dalam penelitian ini dikembangkan untuk kelas inklusi berdasarkan UUD 1945 pasal 31 ayat 1 yang berbunyi Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan . Hal ini berarti baik anak non berkebutuhan khusus dan anak berkebutuhan khusus berhak mendapat pendidikan. Kelas inklusi dalam penelitian ini yaitu suatu kelas yang berisi siswa non berkebutuhan khusus dan siswa berkebutuhan khusus yang belajar secara bersama-sama. Sesuai dengan NCTM 2008 bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang wajib diajarkan pada siswa dan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal diperlukan perangkat pembelajaran matematika yang tepat untuk kelas inklusi sesuai dengan karakteristik siswa dalam kelas tersebut. Penelitian ini dilakukan berdasarkan pengamatan dan kondisi kelas inklusi di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang dimana siswa berkebutuhan khusus di kelas inklusi bergantung kepada guru pendamping atau tidak mandiri. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dikembangkan dengan model 4-D yang dimodifikasi yaitu pendefinisian (define) perencanaan (design) dan pengembangan (develop). Subyek dalam penelitian ini adalah kelas 8E di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang salah satu kelas inklusi yang terdiri dari 35 siswa non berkebutuhan khusus dan 1 siswa berkebutuhan khusus dengan karakteristik autis down syndrome dan sedikit hiperaktif. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Lembar Kerja Siswa (LKS) media pembelajaran yang berisi video pembelajaran dan asesmen dalam pembelajaran. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Anchored Instruction (AI) yang di dalamnya terdapat pembelajaran kooperatif dan media berbantuan komputer yang berisi video masalah tentang materi terkait. Langkah-langkah pembelajaran model Anchored Instruction (AI) dalam penelitian ini yaitu pembagian kelompok penampilan media pembelajaran yang berisi video pengumpulan kata kunci play-back atau re-explore presentasi kelompok dan perluasan masalah. Hasil validasi isi dan validasi format menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dalam penelitian ini valid dengan persentase kevalidan masing-masing perangkat lebih dari 75%. Hasil skor tes siswa dalam kelas inklusi saat uji coba menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran ini efektif dengan rata-rata skor tes siswa lebih dari 75 dan mendukung kemandirian siswa berkebutuhan khusus. Hasil wawancara dengan guru kelas inklusi dan guru pendamping serta hasil observasi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran ini praktis. Sehingga secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan dalam penelitian pengembangan ini valid efektif praktis dan mendukung kemandirian siswa berkebutuhan khusus pada kelas inklusi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110435

Actions (login required)

View Item View Item