Pengembangan perangkat pembelajaran geometri berbasis pemecahan masalah open-ended untuk memfasilitasi berpikir kreatif matematis siswa SMP kelas VIII / Ciptianingsari Ayu Vitantri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran geometri berbasis pemecahan masalah open-ended untuk memfasilitasi berpikir kreatif matematis siswa SMP kelas VIII / Ciptianingsari Ayu Vitantri

Vitantri, Ciptianingsari Ayu (2014) Pengembangan perangkat pembelajaran geometri berbasis pemecahan masalah open-ended untuk memfasilitasi berpikir kreatif matematis siswa SMP kelas VIII / Ciptianingsari Ayu Vitantri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Vitantri Ciptianingsari Ayu. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri Berbasis Pemecahan Masalah Open-Ended untuk Memfasilitasi Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Kelas VIII. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Cholis Sa dijah M. Pd M.A (2) Drs. Tjang Daniel Chandra M. Si Ph. D Kata Kunci pengembangan perangkat pembelajaran pemecahan masalah open-ended berpikir kreatif 12288 12288 12288 12288 Berpikir kreatif sangat penting untuk dimiliki siswa dalam era persaingan global karena tingkat kompleksitas permasalahan dalam segala aspek kehidupan modern ini semakin tinggi. Pentingnya berpikir kreatif juga disebutkan dalam kurikulum 2013 bahwa salah satu tujuan pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan adalah membangun landasan bagi berkembangnya potensi siswa agar menjadi manusia yang berilmu cakap kritis kreatif dan inovatif. Mengingat pentingnya berpikir kreatif khususnya berpikir kreatif matematis maka kemampuan ini harus dikembangkan. Kebanyakan guru setuju mengenai pentingnya mengembangkan berpikir kreatif siswa tetapi kenyataannya sekolah tidak memfasilitasi kreativitas tersebut untuk berkembang. Banyak guru hanya menggunakan closed-problem dalam pembelajaran matematika karena kurangnya perangkat dan bahan ajar. Pembelajaran dengan menggunakan closed-problem seperti ini kurang menyiapkan siswa dalam matematika dan menyebabkan kemampuan berpikir kreatif siswa kurang berkembang. Adanya pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis pemecahan masalah open-ended merupakan salah satu usaha untuk memfasilitasi berpikir kreatif matematis siswa SMP kelas VIII. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model Plomp yang terdiri dari tiga tahap yaitu (1) preliminary research (penelitian awal) (2) prototyping phase (tahap pengembangan) dan (3) assessment phase (tahap penilaian). Produk akhir dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran matematika berbasis pemecahan masalah open-ended yang valid efektif dan praktis untuk memfasilitasi berpikir kreatif matematis siswa. Perangkat pembelajaran berbasis pemecahan masalah open-ended ini terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Lembar Asesmen. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini mengacu pada kurikulum 2013 dan diujicobakan pada 40 siswa kelas VIII J SMP N 19 Malang. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis pemecahan masalah open-ended valid efektif dan praktis untuk memfasilitasi berpikir kreatif matematis siswa. Saran untuk pengembangan selanjutnya adalah (1) Alokasi waktu lebih diperhatikan mengingat menyelesaikan soal-soal dalam LKS pemecahan masalah open-ended memerlukan banyak waktu (2) Sebaiknya dikembangkan lebih lanjut dengan materi-materi lain terutama materi yang ada di kelas VIII semester satu dan dua sehingga pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis pemecahan masalah open-ended ini lengkap meliputi seluruh materi yang ada di kelas VIII (3) Petunjuk dalam LKS harus lebih diperjelas mengingat tidak semua siswa dapat memahami permasalahan dalam LKS hal ini dikarenakan siswa belum terbiasa dengan soal jenis open-ended dan (4) Pembelajaran sebaiknya diselingi dengan permainan agar siswa tidak bosan selain itu pengembangan selanjutnya diharapkan juga memperhatikan kelemahan-kelemahan yang ada dalam penelitian pengembangan ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110432

Actions (login required)

View Item View Item