Peningkatan pemahaman siswa pada konsep segiempat melalui pembelajaran berdasarkan teori Van Hiele bagi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Besuk Kabupaten Probolinggo / Miftahul Khoiri - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pemahaman siswa pada konsep segiempat melalui pembelajaran berdasarkan teori Van Hiele bagi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Besuk Kabupaten Probolinggo / Miftahul Khoiri

Khoiri, Miftahul (2014) Peningkatan pemahaman siswa pada konsep segiempat melalui pembelajaran berdasarkan teori Van Hiele bagi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Besuk Kabupaten Probolinggo / Miftahul Khoiri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Khoiri Miftahul. 2014. Peningkatan Pemahaman Siswa Pada Konsep Segiempat Melalui Pembelajaran Berdasarkan Teori Van Hiele Bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Besuk Kabupaten Probolinggo. Tesis Progran Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Ipung Yuwono M.S. M.Sc dan (II) Dr. Sri Mulyati M.Pd. Kata Kunci pemahaman siswa konsep segiempat Teori van Hiele 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Pemahaman konsep merupakan salah satu proses untuk membantu siswa untuk memahami suatu materi yang dipelajari dimana untuk memahami suatu materi siswa harus mengetahui materi itu sendiri hubungan materi dengan materi yang lain dengan konsep yang sama hubungan antara materi dengan materi lain dengan konsep yang tidak sama hubungan dua materi dengan objek lain yang sejenis dan hubungan dengan objek lain dalam teori lain. Pemahaman konsep siswa dapat dilihat dari siswa dapat mendeskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri siswa dapat mengidentifikasi konsep dan siswa dapat menggunkan konsep dengan benar dalam berbagai situasi. Namun berdasarkan fakta yang ada dilapangan menunjukkan bahwa penguasaan siswa terhadap materi segiempat masih rendah dan menempati dalam posisi memprihatinkan. Oleh sebab itu perlu penanganan yang serius dari berbagai pihak khususnya guru sebagai pelaksana pembelajaran. Salah satu usaha tersebut adalah memeperbaiki kwalitas pembelajaran. Diantara berbagai solusi yang ditawarkan yang hasilnya tidak diragukan lagi dalam memperbaiki kualitas pembelajaran adalah pembelajaran berdasarkan teori van Hiele. 12288 12288 12288 12288 Penelitian yang akan dilaksanakan ini berfungsi sebagai usaha membantu guru untuk memperbaiki kwalitas pembelajaran dan menangani permasalahan yang dihadapi siswa pada materi segiempat. Untuk itu tujuan penelitian yang akan dicapai adalah menghasilkan deskripsi pembelajaran berdasarkan teori van Hiele yang dapat membangun pemahaman konsep siswa pada materi bangun datar segiempat. Pemahaman konsep dalam penelitian ini meliputi 4 (empat) level yaitu level 0 (visulisasi) level 1 (analisis) level 2 (abstraksi) dan level 3 (deduktif) dengan melalui 5 (lima) tahap yaitu tahap 1 (informasi) tahap 2 (orientasi terarah) tahap 3 (uraian) tahap 4 (orientasi bebas) dan tahap 5 (integrasi). Penelitian ini menggunkan pendekatan kulitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. 12288 12288 12288 12288 Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Besuk Kabupaten Probolinggo dengan subjek penelitian adalah kelas VIIC sebanyak 24 siswa .Dari seluruh siswa yang ada kemudian dibentuk kelompok-kelompok belajar yang beranggotakan 4-5 siswa dan subjek wawancara sebanyak 4 siswa dengan kriteria 1 berkemampuan tinggi 2 berkemampuan sedang dan 1 berkemampuan rendah. Pembentukan kelompok dan pemilihan subjek wawancara berdasarkan hasil tes awal dan pertimbangan bahwa siswa-siswa tersebut mudah diajak komunikasi. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berdasarkan teori van Hiele mampu membangun pemahaman siswa pada konsep segiempat. Hal ini ditunjukkan dari hasil observasi kegiatan pembelajaran LKS dan tes akhir siswa pada siklus I memeproleh nilai rata-rata kelas 96.88 atau seluruh siswa kelas VIIC mendapatkan nilai .

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110431

Actions (login required)

View Item View Item