Penerapan pembelajaran realistik untuk memahamkan konsep geometri pada siswa kelas VIIID SMPN 11 Kota Bengkulu / Desventri Etmy - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran realistik untuk memahamkan konsep geometri pada siswa kelas VIIID SMPN 11 Kota Bengkulu / Desventri Etmy

Etmy, Desventri (2014) Penerapan pembelajaran realistik untuk memahamkan konsep geometri pada siswa kelas VIIID SMPN 11 Kota Bengkulu / Desventri Etmy. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Etmy Desventri.2014. Penerapan Pembelajaran Realistik untuk Memahamkan Konsep Geometri pada Siswa Kelas VIII.D SMPN 11 Kota Bengkulu.Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof.Dr.Ipung Yuwono M.S M.Sc. (II) Dra.Santi Irawati M.Si Ph.D. Keyword Pembelajaran Realistik Pemahaman Konsep Geometri Garis Singgung Lingkaran Prisma. Pemahaman konsep merupakan salah satu kemampuan yang penting dalam pembelajaran matematika karena siswa tidak hanya dapat menjawab soal-soal rutin saja tetapi siswa mengaplikasikan pengetahuan yang mereka miliki untuk memecahkan masalah yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Tetapi berdasarkan observasi dan wawancara pemahaman konsep terutama materi geometri (Garis singgung lingkaran dan prisma) masing rendah. Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan Realistik untuk memahamkan konsep geometri pada siswa kelas VIII.D SMPN 11 Kota Bengkulu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.D yang terdiri dari 30 orang siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan Tindakan kelas. Dalam hal ini peneliti sebagai instrumen utama (pelaku tindakan). Data penelitian ini adalah Hasil kerja siswa melalui Lembar Kerja Siswa (LKS) setiap pertemuan hasil tes akhir siklus yang merupakan tes pemahaman konsep untuk mengetahui kemampuan siswa wawancara hasil Lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan rekaman audio/video foto pedoman wawancara pedoman lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa. Dalam penelitian ini untuk mengecek keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi ketekunan pengamat dan pengecekan teman sejawat. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan Realistik dan data kuantitatif untuk melihat adanya peningkatan pemahaman konsep siswa. Hasil penelitian menunjukkan pada pengerjaan LKS yang diberikan siswa mampu memahami masalah yang diberikan. Pada hasil tes akhir pemahaman konsep telah terjadi peningkatan pada persentase pemahaman konsep pada siklus I sebesar 76 67% meningkat pada siklus II sebesar 86 67%. Hal ini mengindikasikan bahwa pemahaman konsep telah meningkat dengan menggunakan pendekatan Realistik. Hasil wawancara menunjukkan respon positif siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Realistik. Untuk penelitian selanjutnya Penerapan pendekatan realistik untuk menentukan masalah kontestual hendaknya masalah yang berada di sekitar siswa atau mudah dipahami siswa sehingga mereka merasakan manfaat dari belajar matematika.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110430

Actions (login required)

View Item View Item