Saparwadi (2014) Pembelajaran melalui pemecahan masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 1 Praya Barat pada materi trigonometri / Saparwadi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Saparwadi 2014. Pembelajaran melalui pemecahan masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 1 Praya Barat pada materi trigonometri.Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Purwanto Ph.D. (2) Dr. Abdul Qohar M.T. Kata Kunci Pembelajaran melalui pemecahan masalah tingkat kemampuan berpikir kritis siswa trigonometri. 12288 12288 12288 12288 Bagi sebagian siswa mengatakan mengerjakan soal matematika itu membosankan dan bahkan ada yang menganggap matematika sebagai pelajaran yang menakutkan. Pembelajaran matematika yang cendrung disampaikan dengan metode pembelajaran yang konfensional akan menimbulkan kejenuhan bagi siswa yang akhirnya membuat siswa tidak senang pada matematika karena mereka sebenarnya tidak mengerti apa yang dipelajari. Perlu ada langkah-langkah pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktiv dan kolaboratif dalam belajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk memperoleh langkah-langkah pembelajaran melalui pemecahan masalah yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 1 Praya Barat pada materi trigonometri. Langkah-langkah pembelajaran melalui pemecahan masalah pada penelitian ini yaitu (1) orientasi siswa pada masalah (2)mengorganisasikan siswa untuk belajar (3)mengamati dan membantu proses diskusi kelompok menyajikan hasil (diskusi kelas) (4) mmengevaluasi penyelesaian masalah dan (5) menyimpulkan dan menutup pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan penelititan tindakan kelas. Data penelitian ini adalah rekaman proses kegiatan pembelajaran berupa catatan singkat peneliti hasil kerja siswa dalam mengerjakan LKK hasil observasi aktivitas siswa dan guru hasil tes akhir untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa hasil wawancara dan dokumentasi berupa rekaman audio/video dan berupa poto. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Tujuan analisis data kualitatif yaitu mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran melalui pemecahan masalah pada materi trigonometri dari awal sampai akhir penelitian sedangkan tujuan analisis data kuantitatif adalah untuk mengetahui nilai keberhasilan yang diperoleh peneliti. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan respon siswa terhadap metode pembelajaran melalui pemecahan masalah rata-rata siswa merasa senang karena siswa diberikan keluasan dan kebebasan berpendapat dalam diskusi kelompok. Dengan metode pembelajaran melalui pemecahan masalah memberikan perubahan hasil tingkat kemampuan berpikir kritis siswa dari 7% siswa sangat kritis 24% siswa kritis 55% siswa cukup kritis 14% siswa kurang keritis dan 0% siswa tidak kritis menjadi14% siswa sangat kritis 45% siswa kritis 34% siswa cukup kritis 7% siswa kurang keritis dan 0% siswa tidak kritis. Hal ini menunjukkan pembelajaran melalui pemecahan masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi trigonometri. Tingkat kemampuan berpikir kritis siswa dapat diketahui melalui pertanyaan cara siswa memahami masalah trigonometri kemampuan menganalisa informasi dan ide rumusan pemecahan masalah trigonometri cara penyelesaian masalah dan yang terakhir bagaimana cara sisa mengevaluasi hasil penyelesaian masalah dan membuat kesimpulan. Tingkatan kemampuan berpikir kritis siswa yaitu (5) sangat kritis (4) kritis (3) cukup kritis (2) kurang kritis dan (1) tidak kritis.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110429 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |