Farman (2014) Pengembangan desain pembelajaran materi lingkaran dengan model Isman untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bau-Bau / Farman. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Farman. 2014. Pengembangan Desain Pembelajaran Materi Lingkaran dengan Model Isman untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bau-Bau. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd. (2) Dr. rer. nat. I Made Sulandra M.Si. Kata Kunci Pembelajaran Materi Lingkaran Model Isman Problem Posing Penalaran. 12288 12288 12288 Pembelajaran materi lingkaran adalah suatu proses membelajarkan materi lingkaran pada siswa yang ditata dan diatur sedemikian rupa menurut langkah-langkah tertentu agar dalam pelaksanaannya dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Pembelajaran ini dilaksanakan dengan pendekatan problem posing berseting kooperatif. Desain pembelajaran materi lingkaran dengan pendekatan problem posing berseting kooperatif dipilih sebagai alternatif untuk mengembangkan kemampuan penalaran matematis siswa. 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh desain pembelajaran materi lingkaran dengan model Isman yang valid praktis dan efektif untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bau-Bau. 12288 12288 12288 Desain pembelajaran ini dikembangkan dengan model Isman (2011). Pemilihan model ini didasarkan atas pertimbangan bahwa model ini disusun berlandaskan pada teori konstruktivisme. Model Isman terdiri atas empat langkah yakni masukan (identifikasi masalah materi tujuan metode dan media) proses (tes protipe desain ulang aktivitas pembelajaran) keluaran (penilaian revisi) dan umpan balik. 12288 12288 12288 Untuk mengembangkan desain dikembangkan perangkat dan instrumen pembelajaran. Prototipe perangkat dan instrumen yang telah disusun divalidasi dan hasil validasi menunjukkan bahwa prototipe memenuhi syarat kevalidan. Meskipun demikian pada beberapa bagian perangkat dan instrumen tersebut masih ada sedikit revisi dari segi redaksi. 12288 12288 12288 Subjek ujicoba pengembangan desain pembelajaran ini adalah siswa kelas VIII-9 SMP Negeri 1 Bau-Bau tahun pelajaran 2013/2014. 12288 12288 12288 Ujicoba bertujuan untuk mengukur dua ketercapaian yaitu (1) kepraktisan dan (2) keefektifan. Pada uji coba ini kepraktisan desain ditunjukkan oleh persentase rata-rata ketercapaian dari hasil observasi aktivitas guru (keterlaksanaan desain) yaitu lebih besar dari 89%. Hasil observasi ini menunjukkan bahwa keterlaksanaan desain yang dikembangkan memenuhi syarat kepraktisan. Hasil analisis keefektifan desain diperoleh berdasar tiga indikator (1) rata-rata ketercapaian aktivitas siswa dalam setiap pembelajaran lebih besar dari 80% yang berarti memenuhi kriteria baik (2) rata-rata tes kemampuan penalaran materi lingkaran siswa adalah 78 3 yang berarti tingkat penalaran siswa termasuk dalam kategori tinggi dan (3) rata-rata persentase angket penilaian siswa terhadap pembelajaran dan LKS adalah 100% yang berarti respon siswa terhadap pembelajaran dan LKS adalah positif. Dengan demikian desain pembelajaran memenuhi syarat keefektifan. 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa desain pembelajaran materi lingkaran dengan model Isman untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bau-Bau memenuhi kriteria yang ditetapkan yaitu valid praktis dan efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110427 |
Actions (login required)
View Item |