Penerapan pembelajaran tipe think pair share untuk membangun berpikir kritis siswa kelas XI IPA-1 pada materi limit fungsi aljabar / Diah Kismonowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran tipe think pair share untuk membangun berpikir kritis siswa kelas XI IPA-1 pada materi limit fungsi aljabar / Diah Kismonowati

Kismonowati, Diah (2014) Penerapan pembelajaran tipe think pair share untuk membangun berpikir kritis siswa kelas XI IPA-1 pada materi limit fungsi aljabar / Diah Kismonowati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kismonowati Diah. 2014. Penerapan Pembelajaran Tipe Think Pair Share untuk Membangun Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA-1 Negeri 9 Malang pada Materi Limit Fungsi Aljabar. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. I Nengah Parta M.Si (II) Dr. Hery Susanto M.Si. Kata Kunci membangun berpikir kritis Think Pair Share Limit Fungsi Aljabar. 12288 12288 12288 12288 Materi Limit Fungsi Aljabar adalah materi yang diberikan dikelas XI IPA semester genap pada kurikulum KTSP 2006. Materi ini adalah materi dasar yang sangat penting dalam penguasaan materi selanjutnya. Materi ini dianggap sulit oleh siswa. Hal ini didukung oleh pernyataan teman sejawat bahwa hasil tes siswa sebanyak 75 % dari jumlah siswa selalu mendapatkan nilai di bawah KKM sekolah setiap tahun. Tujuan membangun berpikir kritis siswa kelas XI IPA-1 diberikan adalah untuk meluaskan wawasan dan pola berpikir siswa agar mereka lebih cermat korektif dalam menyelesaikan soal-soal dapat mengungkapkan alasan sebagai dasar yang kuat dalam menentukan langkah-langkah penyelesaian matematika serta reflektif. Dengan kemampuan itu diharapkan siswa lebih mudah mengeksplorasi pengetahuan awalnya untuk dikaitkan dengan pengetahuan baru yang dihadapinya. 12288 12288 12288 12288 Dipilihnya pembelajaran dengan tipe Think Pair Share karena tipe ini terdiri dari beberapa tahap dalam pembelajaran. Tahap Think yaitu bekerja secara individu yang dapat memberikan kesempatan pada siswa menggali kemampuan berpikirnya dan memuat indikator berpikir kritis (Focus Reasons Situation dan Inference ). Tahap Pair memberikan kesempatan pada siswa untuk berdiskusi hasil pemikirannya secara individu dengan teman sebangku menuliskan perbedaan yang ada atau pembetulan jika menerima pekerjaannya salah dan memuat berpikir kritis (Clarity dan Overview) Tahap Share kelompok yaitu tahap dimana siswa berdiskusi dengan kelompoknya sebanyak 3 pasang untuk menyamakan persepsi hasil diskusi sebelumnya membuat kesimpulan dan persiapan presentasi yang memuat berpikir kritis (Clarity dan Inference). Share kelas untuk membagikan hasil diskusi kelompok dengan temannya dalam satu kelas untuk membuat kesimpulan yang paling tepat dengan guru sebagai fasilitator. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa hasil pekerjaan 80% LKS dengan benar oleh siswa meningkat dari siklus 1 yaitu 73 3% menjadi 94 1% pada siklus 2 dan berpikir kritisnya pada siklus 1 adalah 65 38% menjadi 91 2 % pada siklus 2 yang nilainya lebih dari 75. Tes yang mendapat nilai 78 ke atas untuk siklus 1 adalah 77 7% pada siklus 2 adalah 97% dan berpikir kritis untuk tes yang nilainya 75 ke atas pada siklus 1 sebanyak 83.3% pada siklus 2 adalah 97%. Juga didukung lembar observasi aktivitas siswa dan guru dengan kategori sangat baik baik di siklus 1 maupun siklus 2. Hasil wawancara setiap siklus melebihi 6 siswa dari 9 siswa mengatakan paham tentang materi limit fungsi aljabar dengan pembelajaran tipe Think Pair Share. Selain hal di atas dalam proses pembelajaran menunjukkan perkembangan bahwa siswa sudah lebih berani dalam mengungkapkan pendapat memberi alasan menyanggah dan menyimpulkan dengan tepat sehingga dapat dikatakan bahwa siswa dikelas XI IPA-1 sudah terbangun berpikir kritisnya pada materi limit fungsi aljabar dengan tipe Think Pair Share.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110423

Actions (login required)

View Item View Item