Penalaran kovariasional siswa kelas VIIIB MTs Negeri Kediri 1 dalam mengkonstruk grafik fungsi / Ulumul Umah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penalaran kovariasional siswa kelas VIIIB MTs Negeri Kediri 1 dalam mengkonstruk grafik fungsi / Ulumul Umah

Umah, Ulumul (2014) Penalaran kovariasional siswa kelas VIIIB MTs Negeri Kediri 1 dalam mengkonstruk grafik fungsi / Ulumul Umah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Umah Ulumul. 2014. Penalaran Kovariasional Siswa Kelas VIIIB MTs Negeri Kediri 1 dalam Mengkonstruk Grafik Fungsi. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Abdur Rahman As ari M.Pd. M.A. (2) Dr. rer. nat. I Made Sulandra M.Si. Kata Kunci Penalaran Kovariasional Siswa Kelas VIII Grafik Fungsi. Berdasarkan kesulitan siswa sekolah menengah maupun perguruan tinggi pada konsep fungsi para peneliti menyarankan agar konsep fungsi sebagai kovariasi mulai diperkenalkan pada tingkat pendidikan awal. Di Indonesia siswa mulai mengenal konsep fungsi secara formal di kelas VIII namun sebagian besar penelitian tentang penalaran kovariasi mengkaji penalaran mahasiswa di perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penalaran kovariasional siswa kelas VIIIB MTs Negeri 1 Kediri dalam mengkonstruk grafik fungsi. Secara lebih rinci tujuan penelitian ini adalah (1) mengidentifikasi aksi mental kovariasional yang ditunjukkan siswa kelas saat mengkonstruk grafik fungsi (2) mendeskripsikan komponen pembentuk argumen siswa yang mendukung setiap aksi mental kovariasional yang ditunjukkannya dan (3) mendeskripsikan pengaitan komponen-komponen pembentuk argumen siswa dalam setiap aksi mental kovariasional yang ditunjukkannya. Penelitian ini dilakukan terhadap 4 siswa kelas VIIIB MTs Negeri 1 Kediri. Data penelitian diperoleh dari respon tertulis dan catatan lapangan selama menyelesaikan tugas kovariasi serta hasil wawancara. Aksi-aksi mental kovariasional subjek penelitian diidentifikasi berdasarkan kerangka kerja kovariasi Carlson (2002). Komponen dan pengaitan komponen pembentuk argumen subjek penelitian dalam setiap aksi mental kovariasi dianalisis berdasarkan kerangka kerja model argumen Toulmin. Penelitian ini mengungkapkan bahwa semua subjek dapat menunjukkan aksi mental koordinasi awal (MA1) dan koordinasi arah perubahan (MA2). Subjek 1 subjek 2 dan subjek 3 dapat menunjukkan aksi mental koordinasi besar perubahan (MA3) tetapi mereka masih mengalami kesulitan dalam melakukannya. Subjek 1 dan subjek 2 menunjukkan indikasi awal aksi mental koordinasi laju perubahan sesaat (MA5) dengan mengkonstruk kurva mulus tetapi hasil wawancara mengungkapkan bahwa mereka tidak melakukan MA5 melainkan hanya menggunakan ingatan prosedur menghubungkan titik-titik koordinat dalam grafik. Subjek 3 menunjukkan indikasi awal aksi mental koordinasi laju perubahan (MA4) dengan membuat segmen-segmen garis bersinggungan tetapi ia sebenarnya tidak melakukan MA4 melainkan juga hanya menggunakan ingatan prosedur menghubungkan titik-titik koordinat. Subjek 4 tidak menunjukkan MA3 maupun indikasi awal dari MA4 dan MA5. Secara umum subjek membangun argumen aksi mental mereka secara induktif. Subjek juga mengindikasikan perilaku pseudo penalaran dalam mengkonstruk grafik. Penelitian ini mengungkapkan bahwa subjek mengalami kesulitan menerjemahkan situasi nyata pada masalah kovariasi ke dalam representasi matematis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110422

Actions (login required)

View Item View Item