Pawesthy, Yulia Putri (2014) Penggunaan sedotan dan bola plastik untuk memahamkan materi logika melalui learning by discovery pada siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan (TGB) SMK Sore Tulungagung / Yulia Putri Pawesthy. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pawesthy Yulia Putri. 2014. Penggunaan Sedotan dan Bola Plastik Untuk Memahamkan Materi Logika Melalui Learning By Discovery Pada Siswa Kelas X Teknik Gambar Bangunan (TGB) SMK Sore Tulungagung. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc. (II) Dra. Santi Irawati M.Si Ph.D. Kata kunci bahan manipulatif learning by discovery memahamkan logika. 12288 12288 12288 12288 Penelitian dilakukan pada siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan (TGB) karena berdasarkan pengamatan peneliti tingkat kelulusan siswa kelas X TGB rendah yaitu kurang dari 50% siswa mendapat nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pengamatan peneliti didukung fakta dari nilai ulangan materi bilangan real diketahui bahwa hanya 5 siswa (11%) yang lulus materi aproksimasi persentase kelulusan siswa hanya 10 siswa (22%) yang lulus kemudian materi persamaan dan pertidaksamaan hanya 7 siswa (15 9%) yang lulus dari 45 siswa. Berdasarkan dialog dengan 4 guru pengajar matematika di SMK Sore Tulungagung diperoleh penjelasan bahwa metode yang digunakan saat pembelajaran adalah matode ceramah. Menurut penjelasan dari guru pengajar guru telah berupaya menggunakan metode pembelajaran lain akan tetapi hasil yang diperoleh belum maksimal. Pembelajaran yang dilakukan tidak pernah menggunakan media dan jarang mengajak siswa menemukan sendiri tentang pembelajaran yang dipelajari. Hasil tes awal yang diberikan peneliti tentang materi awal logika juga menunjukkan bahwa siswa masih kesulitan mempelajari materi logika. Oleh karena itu diperlukan strategi pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk aktif dalam pembelajaran dan mampu menemukan sendiri kesimpulan pembelajaran yang mereka pelajari. 12288 12288 12288 12288 Salah satu strategi pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk menemukan sendiri konsep pembelajaran adalah learning by discovery. Learning by discovery digunakan dengan bantuan media yang murah dan sederhana yaitu sedotan dan bola plastik dengan materi yang dipilih adalah logika. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan langkah-langkah yang memahamkan materi logika menggunakan sedotan dan bola plastik melalui pembelajaran learning by discovery pada siswa kelas X TGB dengan jumlah siswa 42 orang siswa. 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran dengan learning by discovery yang dilakukan terdiri dari 5 tahap yaitu tahap simulation tahap problem statement tahap data collection tahap data processing dan tahap generalization. Tahap simulation dilakukan dengan cara mengumpulkan informasi tentang pemahaman siswa terhadap materi awal. Tahap problem statement merupakan tahapan meminta siswa memahami penggunaan media sedotan dan bola plastik untuk mengidentifikasi materi yang dipelajari. Tahap data collection tahap di mana guru memberi kesempatan siswa untuk mengumpulkan berbagai informasi yang relevan dengan mengamati media dan melakukan uji coba sendiri pada media. Penggunaan media sedotan dan bola plastik dilakukan dengan langkah-langkah (1) meminta siswa memeriksa kelengkapan benda yang diperlukan dalam penelitian yaitu sedotan dengan berbagai warna dan bentuk bola plastik dan keranjang bola (2) merangkai sedotan sesuai ketentuan pada Lembar Kerja Siswa (LKS) (3) mengamati perubahan yang terjadi pada bola dengan cara meniup salah satu ujung sedotan yang tidak tertutup bola.Tahap data processing merupakan tahap pengolahan data untuk menyelesaikan LKS. Tahap generalization merupakan tahap siswa belajar menarik kesimpulan. 12288 12288 12288 12288 Instrumen penelitian terdiri dari (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) (2) lembar observasi aktivitas guru dan siswa (3) Lembar Kerja Siswa (LKS) (4) soal worksheet (5) soal kuis (6) soal tes akhir (7) lembar wawancara (8) lembar catatan lapangan yang dilakukan dengan sistem siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan pelaksanaan tes observasi refleksi. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media manipulatif sedotan dan bola plastik dapat memahamkan materi logika dengan nilai akhir menunjukkan bahwa 36 siswa (100%) siswa lulus karena mendapatkan nilai di atas KKM. Nilai tes akhir menunjukkan bahwa hanya 10 siswa (27 8%) mengalami kesalahan dalam menentukan negasi dan melengkapi tabel kebenaran. Skor pengamatan aktivitas guru memenuhi kriteria baik dan skor pengamatan aktivitas siswa memenuhi kriteria cukup .
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110420 |
Actions (login required)
View Item |