Pamuji SN, Moch (2014) Pengembangan modul yang valid, praktis, dan efektif untuk berfikir reflektif melalui pembelajaran berbantuan maple di STKIP PGRI Blitar / Moch Pamuji SN. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pamuji Mochamad. 2014. Pengembangan Modul Yang Valid Praktis dan Efektif Untuk Berpikir Reflektif Melalui Pembelajaran Berbantuan Maple di STKIP PGRI Blitar. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. I Nengah Parta S.Pd M.Si. (II) Dr. Swasono Rahardjo M.Si. Kata Kunci modul berpikir reflektif maple. 12288 12288 12288 12288 12288 Kebutuhan mahasiswa untuk mendapatkan pembelajaran yang optimal mendorong dosen untuk melaksanakan dan menyiapkan pembelajaran secara maksimal. Salah satunya adalah dengan membuat modul untuk berpikir reflektif berbantuan Maple. 12288 12288 12288 12288 12288 Pertanyaan peneliti adalah Bagaimana mengembangkan modul untuk berpikir reflektif melalui pembelajaran berbantuan Maple . Dengan tujuan pengembangan adalah untuk menghasilkan modul yang valid praktis dan efektif untuk berpikir reflektif berbantuan Maple. 12288 12288 12288 12288 12288 Modul pembelajaran berbantuan Maple ini menyertakan kegiatan mahasiswa untuk berpikir reflektif. Kegiatan berpikir reflektif meliputi retrospective analysis problem solving critical reflection of self dan reflection on beliefs about self and self-efficacy. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Plomp yaitu penelitian awal (preliminary research) fase prototype (prototyping phase) dan fase penilaian (assesment phase). Untuk kepentingan pengembangan dilakukan validasi yang dilakukan 1 (satu) orang validator dan uji coba lapangan pada kelas offering C STKIP PGRI Blitar sehingga memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. Kriteria valid diukur dari penilaian validator praktis dari keterlaksanaan modul serta efektif diukur dari ketuntasan belajar aktivitas mahasiswa dan respon mahasiswa terhadap modul. 12288 12288 12288 12288 Sebagai pendukung modul yang dikembangkan disusun RPP dan instrumen yang meliputi (1) Lembar Validasi (2) Lembar Observasi Keterlaksanaan Modul (3) Tes Penguasaan Bahan Ajar dan (4) Angket Respon mahasiswa. Prototipe lembar validasi dikembangkan melalui proses pembimbingan selanjutnya lembar validasi yang telah disusun digunakan untuk mevalidasi modul RPP dan instrumen lainnya. 12288 12288 12288 12288 Hasil validasi terhadap modul dan RPP memenuhi kriteria valid dengan revisi kecil. Validasi instrumen yang lain menunjukan kriteria valid tanpa revisi. Revisi modul hanya terkait dengan petunjuk pengerjaan modul. 12288 12288 12288 12288 Hasil uji coba lapangan untuk menguji kepraktisan dengan mengukur keterlaksanaan modul pada pembelajaran mencapai rata-rata seluruh fase berpikir reflektif adalah 2 58 memenuhi kriteria praktis. Untuk menguji keefektifan modul sebagai indikator adalah ketuntasan belajar aktivitas mahasiswa dan respon mahasiswa terhadap modul. Ketuntasan belajar kelas uji coba mencapai 82 2% artinya secara klasikal kelas tersebut tuntas aktivitas mahasiswa 76.88% masuk kategori tinggi dan respon mahasiswa terhadap modul mencapai 87 5% yang artinya mahasiswa memberi respon positif terhadap modul yang dikembangkan. Dengan demikian modul yang dikembangkan memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. 12288 12288 12288 12288 Untuk para peneliti lain apabila akan mengembangkan pada materi yang berbeda hendaknya memperhatikan karakteristik dari mahasiswa tersebut. Pembelajaran dengan modul untuk berpikir reflektif akan melatih mahasiswa untuk berpikir reflektif dalam pemecahan masalah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110418 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |