Primasatya, Nurita (2014) Meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi aritmatika sosial melalui pendekatan realistik berbantuan brosur promosi rumah di SMP Negeri 13 Malang / Nurita Primasatya. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Primasatya Nurita. 2014. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa pada Materi Aritmetika Sosial melalui Pendekatan Realistik Berbantuan Brosur Promosi Rumah di SMP Negeri 13 Malang Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Prof. Gatot Muhsetyo M. Sc. (2) Dr. Swasono Rahardjo S. Pd M.Si. Kata Kunci Aritmetika Sosial Pendekatan Realistik Brosur Promosi Rumah 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil tes awal yang diberikan kepada siswa yang telah mempelajari materi aritmetika sosial terlihat bahwa siswa hanya mampu menyelesaikan masalah yang bersifat rutinitas. Pada soal dengan masalah rutin lebih dari 70% (27 siswa) menjawab dengan benar. Sedangkan untuk soal dengan masalah yang memerlupan pemikiran kritis hanya 5% (2 siswa) yang menjawab dengan benar. Setelah melakukan observasi terhadap pembelajaran yang dilakukan di kelas diketahui bahwa siswa tidak terbiasa menyelesaikan soal yang memerlukan pemikiran kritis. Pembelajaran yang berlangsung di kelas juga tidak melatih siswa untuk berpikir kritis. Guru masih mendominasi pembelajaran di kelas. 12288 12288 12288 12288 Untuk mengatasi rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis pembelajaran dilakukan dengan menggunakan pendekatan realistik dengan bantuan brosur promosi rumah sebagai media pembelajarannya. Pembelajaran menggunakan pendekatan realistik tepat digunakan untuk membelajarkan materi arimetika sosial. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis penggunaan brosur promosi rumah sebagai media pembelajaran dapat membantu siswa. Dalam brosur promosi rumah terdapat berbagai informasi seperti tipe rumah harga rumah jenis angsuran uang muka potongan dll. Dari informasi-informasi yang ada pada brosur promosi rumah siswa dapat menemukan konsep aritmetika sosial seperti harga jual harga beli untung rugi angsuran dll. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis PTK. Penelitian ini digunakan 7 indikator berpikir kritis matematis yaitu 1) mengidentifikasi masalah 2) mendaftar pilihan jawaban 3) membedakan pilihan jawaban 4) menganalisis semua pilihan 5) membuat pilihan akhir 6) memberikan alasan 7) membuat kesimpulan. Dari hasil refleksi siklus 1 terlihat bahwa pembelajaran belum berjalan dengan maksimal dan dari hasil tes akhir siklus terlihat masih banyak siswa yang kurang dalam berpikir kritis matematis. Selain itu dilihat dari hasil tes akhir siklus 1 hanya 33 % siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis matematis dengan kategori baik. Berdasarkan reflesi pada pembelajaran di siklus 1 dilakukan perbaikan pada siklus 2. Dari hasil refleksi siklus 2 terlihat bahwa pembelajaran dilakukan dengan baik dan terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis. Walaupun begitu masih ada beberapa siswa yang mengalami kesalahan dan kurang memiliki kemampuan berpikir kritis matematis. Dilihat dari hasil tes akhir siklus 2 80% siswa telah memiliki kemampuan berpikir kritis matematis dengan kategori baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110416 |
Actions (login required)
View Item |