Pengembangan perangkat pembelajaran interaktif menggunakan program geometer's sketchpad pada materi persamaan garis kelas VIII akselerasi SMP Negeri 1 Tuban / Wiwik Purwaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran interaktif menggunakan program geometer's sketchpad pada materi persamaan garis kelas VIII akselerasi SMP Negeri 1 Tuban / Wiwik Purwaningsih

Purwaningsih, Wiwik (2014) Pengembangan perangkat pembelajaran interaktif menggunakan program geometer's sketchpad pada materi persamaan garis kelas VIII akselerasi SMP Negeri 1 Tuban / Wiwik Purwaningsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Purwaningsih Wiwik 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Interaktif MenggunakanProgram Geometer s Sketchpad padaMateri Persamaan Garis Siswa Kelas VIII Akselerasi SMP Negeri 1 Tuban.Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Drs. H. Akbar Sutawidjaya M.Ed Ph.D dan (2) Dr. Sri Mulyati M.Pd Kata Kunci Pengembangan Perangkat Pembelajaran Interaktif Program Geometer s Sketchpad Persamaan Garis Siswa Akselerasi 12288 12288 12288 Persamaan garis merupakan materi sederhana yang abstrak. Namun berdasarkan hasil survey siswa kelas VIII kesulitan masih kesulitan dalam memahami konsep persamaan garis pembelajaran di kelas akselerasi cenderung cepat kurang memperhatikan konsep pengetahuansiswa dan kemampuan menalar siswa selain itu perangkat pembelajaran yang dibuat guru-guru matematika di Tuban tidak ada yang menggunakan program Geometer s sketchpad pada materi persamaan garis. Padahal menggunakan aplikasi seperti Geometer s Sketchpad itu penting untuk membantu siswa memvisualisasi materi persamaan garis yang tergolong abstrak. Berdasarkan alasan tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran interaktif dengan menggunakan program Geometer s Sketchpad pada materi persamaan garis siswa kelas VIII Akselerasi SMP Negeri I Tuban Peneliti menggunakan metode penelitian pengembangan Thiagarajan mode 4-D ( four D models ) karena kecocokan program dan materi kompetensi dasar pada pokok permasalahan yang dikaji. Tahap penyebaran (disseminate) tidak dilakukan karena dipakai di kalangan SMP Negeri 1 Tuban. Pengembangan model 3-D yang terdiri (1) Tahap pendefinisian (Define) meliputi analisis awal-akhir analisis siswa analilsis tugas analisis konsep dan spesifikasi tujuan pembelajaran yang menghasilkan RPP LKS dan THB menggunakan program Geometer s Sketchpad (2) Tahap perancangan (Design) meliputi merancang tes acuan patokan pemilihan media pemilihan format dan perencanaan awal yang menghasilkan rancangan perangkat pembelajaran menggunakan program Geometer s Sketchpad (3) Tahap pengembangan (Develop) meliputi validasi ahli dan Uji coba pengembangan di lapangan. Adapun instrumen pengumpulan data meliputi (1) lembar validasi perangkat pembelajaran (2) lembar observasi guru dalam mengelola pembelajaran (3) lembar aktifitas siswa dalam pembelajaran (4) lembar respon siswa (5) instrument validasi tes hasil belajar. Perangkat pembelajaran ini kemudian divalidasi oleh ahli materi ahli media dan ahli teknologi pembelajaran. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan uji coba lapangan diperoleh hasil bahwa perangkat pembelajaran yaitu kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dalam kategori baik aktivitas siswa pada setiap pertemuan dalam pembelajaran kategori baik respon siswa yang positif terhadap pembelajaran dan tes hasil belajar siswa memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 80. Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran interaktif menggunakan Geometer s Sketchpad berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Lembar kerja siswa (LKS) tes hasil belajar (THB) yang valid praktis dan efektif dapat dipakai untuk mengajarkan materi persamaan garis di keklas VIII akselerasi SMP Negeri I Tuban.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110414

Actions (login required)

View Item View Item