Penggunaan bahan manipulatif kemasan untuk memahamkan siswa tentang bangun ruang melalui pembelajaran group investigation pada kelas VIII MTs Al Hamidiyah Gondanglegi / Dwi Nurcahyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan bahan manipulatif kemasan untuk memahamkan siswa tentang bangun ruang melalui pembelajaran group investigation pada kelas VIII MTs Al Hamidiyah Gondanglegi / Dwi Nurcahyo

Nurcahyo, Dwi (2014) Penggunaan bahan manipulatif kemasan untuk memahamkan siswa tentang bangun ruang melalui pembelajaran group investigation pada kelas VIII MTs Al Hamidiyah Gondanglegi / Dwi Nurcahyo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nurcahyo Dwi. 2014. Penggunaan Bahan Manipulatif Kemasan Untuk Memahamkan Siswa Tentang Bangun Ruang Melalui Pembelajaran Group Investigation Pada Kelas VIII MTs Al Hamidiyah Gondanglegi. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc (II) Dr. Sisworo M.Si Kata kunci bahan manipulatif pemahaman bangun ruang GI. 12288 12288 12288 12288 12288 Metode tradisional tidak melibatkan siswa dalam berpikir kreatif dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan yang kreatif. Akibatnya siswa kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan sistematis akibatnya peserta didik menguasai secara teoritis tetapi miskin dalam aplikasi. Serta mereka hanya menghafal informasi yang telah mereka dapatkan dari guru. Hasil observasi menemukan penggunaan metode tradisional yaitu guru menjelaskan panjang lebar siswa hanya mendengarkan tanpa adanya timbal balik kepada siswa. Akibatnya siswa belum bisa memahami dengan baik materi bangun ruang yang diajarkan oleh guru. 12288 12288 12288 12288 12288 Siswa dapat mengembangkan pemahaman tentang sesuatu hal dengan menggunakan benda konkret. Selain itu kelebihan dari GI yaitu meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan ketrampilan inkuiri kompleks serta kegiatan belajar berfokus pada siswa sehingga pengetahuannya benar-benar diserap dengan baik. Jika siswa belajar dengan menggunakan bahan manipulatif melalui pembelajaran GI maka siswa dapat memahami materi bangun ruang dengan baik. 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan langkah-langkah pembelajaran GI dengan menggunakan bahan manipulatif kemasan yang dapat memahamkan siswa tentang bangun ruang pada kelas VIII MTs Al Hamidiyah Gondanglegi. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tindakan. Sumber data adalah peliti dan seluruh siswa kelas VIII-B MTs Al Hamidiyah Gondanglegi. Data yang dikumpulkan yaitu a) hasil tes siswa b) hasil observasi c) hasil wawancara d) hasil catatan lapangan. 12288 12288 12288 12288 12288 Langkah-langkah pembelajaran GI dengan bahan manipulatif kemasan yang dapat memahamkan siswa tentang bangun ruang terdiri dari kegitan awal inti dan akhir. Kegiatan awal terdiri dari peneliti menyampaikan tujan pembelajaran memotivasi siswa mengingatkan materi sebelumnya mengelompokkan siswa dan menginformasikan model GI. Kegiatan inti terdiri dari mengidentifikasi topik (memilih materi dan mempelajarinya) merencanakan tugas melaksanakan investigasi dengan bantuan bahan manipulatif menyiapkan laporan akhir mempresentasikan laporan. Kegiatan akhir terdiri dari mengevaluasi pembelajaran dan memberikan PR. 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian langkah-langkah pembelajaran GI dengan menggunakan bahan manipulatif kemasan dapat mengurangi jumlah siswa yang melakukan kesalahan dalam menjawab soal tes serta mengurangi kesalahan-kesalahan siswa yang konseptual. Siklus pertama siswa yang melakukan kesalahan konseptual terdiri dari 14 siswa dari 37 siswa. Sedangkan dalam siklus kedua siswa yang melakukan kesalahan konseptual berkurang menjadi 6 siswa. Saran yang dapat dikemukakan untuk pembelajaran berikutnya antara lain a) bahasa dalam LKS lebih disederhanakan lagi b) peneliti berikutnya dapat memberikan penilaian pada kemasan yang dibawa siswa agar siswa dapat termotivasi untuk membawa kemasan c) dalam penelitian ini siswa hanya belajar rusuk dengan ukuran bilangan bulat penelitian selanjutnya dapat mengajarkan siswa tentang rusuk dengan ukuran bilangan rasional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110411

Actions (login required)

View Item View Item