Marlina (2014) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan Realistic Matematics Education (RME) yang mendukung kemampuan komunikasi matematika siswa / Marlina. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Marlina 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) yang Mendukung Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Cholis Sa dijah M.Pd M.A (2) Prof. Drs. Purwanto Ph.D. Kata Kunci pengembangan perangkat pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) kemampuan komunikasi matematika 12288 12288 12288 12288 Hasil observasi di SMP Negeri 19 Malang menunjukkan bahwa proses pembelajaran matematika masih berpusat pada guru (teacher centered). Guru menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang digunakan belum efektif sebagai sarana pembelajaran baik dari segi tampilan maupun isi. Metode pembelajaran pada RPP menggunakan metode diskusi dan tanya jawab tetapi dalam praktek pembelajaran di kelas guru menggunakan metode ceramah. Penjabaran langkah-langkah pembelajaran pada RPP tidak diuraikan secara detail. LKS hanya terdiri dari uraian singkat materi contoh soal dan latihan soal yang tidak mengkonstruksi pengetahuan siswa. Selama ini belum ada perangkat pembelajaran berbasis Realistic Mathematics Education (RME) yang fokus mendukung berkembangnya kemampuan komunikasi matematika siswa. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan menghasilkan produk pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Realistic Mathematics Education (RME) yang mendukung kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi volume bangun ruang sisi datar yang valid praktis dan efektif. Adapun langkah-langkah pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) yaitu (1) memahami masalah kontekstual (2) menyelesaikan masalah kontekstual (3) membandingkan dan mendiskusikan jawaban dan (4) membuat kesimpulan. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode pengembangan Plomp dengan tahap-tahap (1) preliminary research (penelitian awal) (2) prototyping phase (tahap pengembangan) dan (3) assessment phase (tahap penilaian). Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Perangkat pembelajaran yang telah dirancang divalidasi oleh validator ahli pembelajaran yang bertujuan untuk mengukur kevalidan produk. Data hasil validasi berupa saran tanggapan dan penilaian dari validator digunakan sebagai masukan untuk merevisi dan menyempurnakan produk yang dikembangkan. Perangkat pembelajaran yang telah divalidasi kemudian diuji cobakan. Uji coba bertujuan untuk mengukur tingkat kepraktisan dan keefektifan produk. Uji coba kelompok kecil dilakukan pada 5 orang subjek penelitian yaitu siswa SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang dan uji coba kelompok besar pada 36 siswa SMP Negeri 19 Malang. 12288 12288 12288 12288 Persentase rataan skor hasil validasi (SV) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yaitu 80% dan persentase rataan skor hasil validasi (SV) Lembar Kerja Siswa (LKS) yaitu 80 70%. Berdasarkan kriteria validitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS) memenuhi kriteria valid. Perangkat pembelajaran juga harus memenuhi kriteria praktis dan efektif. Kriteria praktis diperoleh dari uji coba kelompok besar dengan tingkat keterlaksanaan perangkat pembelajaran yaitu 85 18%. Berdasarkan kriteria yang ditetapkan tingkat keterlaksanaan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria baik. Sedangkan kriteria praktis diperoleh dari hasil observasi aktivitas siswa yang memenuhi kriteria baik dengan persentase 85 14%. Hasil uji coba Tes Penguasaan Bahan Ajar (TPBA) telah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yaitu 94%. Respon siswa positif dan kemampuan komunikasi matematika tulis siswa mencapai kategori sangat baik dengan presentase 83% serta rata-rata kemampuan komunikasi matematika lisan adalah 81 6. Kesimpulan dari penelitian ini pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) yang mendukung kemampuan komunikasi matematika siswa telah memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. Saran-saran dari penelitian ini yaitu (1) perangkat pembelajaran ini dapat dikembangkan untuk materi lain disesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi (2) perangkat pembelajaran ini disusun sesuai dengan karakteristik siswa SMP Negeri 19 Malang sehingga penggunaaan perangkat pada semua kelas VIII SMP Negeri 19 Malang dapat membantu guru dan siswa dalam memaksimalkan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110409 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |