Pengembangan bahan ajar matematika materi trigonometri berdasarkan pendekatan inkuiri terbimbing pada kelas X / Fetty Nuritasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar matematika materi trigonometri berdasarkan pendekatan inkuiri terbimbing pada kelas X / Fetty Nuritasari

Nuritasari, Fetty (2014) Pengembangan bahan ajar matematika materi trigonometri berdasarkan pendekatan inkuiri terbimbing pada kelas X / Fetty Nuritasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nuritasari Fetty. 2014. PengembanganBahan Ajar BerdasarkanPendekatanInkuiriTerbimbingMateriTrigonometriuntukKelas X. Tesis. JurusanPendidikanMatematika PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. H. Akbar Sutawidjaja M. Ed Ph. D. (II) Dr. HerySusanto M. Si. Kata Kunci pengembangan bahan ajar inkuiriterbimbing dantrigonometri. Keberadaanbahan ajar sebagaisumberbelajar merupakanbagiandalampelaksanaanpembelajaran di sekolah.Selamainisiswa di SMK Putra Indonesia Malang menggunakanbukutekssebagaisumberbelajar.Bukutekstersebutbelummaksimaldalammembantusiswamengkonstruksipemahamansiswaterhadapmateri yang dipelajari.Aktivitasdanlangkah-langkahdalamteks yang digunakantidaksecaraeksplisitmemberikesempatankepadasiswabaiksecaraindividumaupunkelompokuntukberperanaktifdalammengkonstruksisendiripemahamanterhadapmateri yang dipelajari. Berdasarkanmasalahtersebut makadikembangkanbahan ajar yang memuatkegiatanuntukmemberikesempatankepadasiswaberperanaktifdalammengkonstruksisendiripemahamannyaterhadapmateri yang dipelajari.Kegiatan yang demikianmerupakanciridarimetodeinkuiriterbimbing.Dengandemikianbahan ajar yang dikembangkanadalahbahan ajar berdasarkanpendekataninkuiriterbimbingmateritrigonometrikelas X SMK Putra Indonesia Malang.Bahan ajar inimemuatlangkah-langkahpadainkuiriterbimbing yaitu (1) orientasi (2) menyajikanmasalah (3) mengumpulkaninformasidanmenyusundugaanpenyelesaian (4) mengujidugaandanmembuatkesimpulansementara (5) mengkomunikasikan dan (6) refleksidankesimpulan. Bahan ajar inidapatdigunakansiswasebagaisumberbelajaruntukmenunjangpelaksanaanpembelajaranmenggunakanmetodeinkuiriterbimbing. Pengembanganbahan ajar inimenggunakan model pengembangan 4D tanpafasediseminasi.Kriteriakevalidan kepraktisan dankeefektifanditetapkanolehpeneliti.Kevalidandiperiksaolehtiga validator yaitudua orang dosendanseorangpraktisi.Kepraktisandiperiksaolehdua observer dankeefektifandiperiksaolehdua observer dansiswasebagaipenggunapadasaatujicobalapangan.Untukmendukungpelaksanaanbahan ajar jugadirancang RPP daninstrumenpenelitian.Instrumenpenelitianmeliputi (1) lembarvalidasi (2) lembarobservasi (3) angket dan (4) tes. Berdasarkanujicobaprodukhasilpengembanganiniadalah 35 siswakelas X di SMK Putra Indonesia Malang yang bersamaanmenerimamateritrigonometriini. Ujicoba yang dilakukanadalahujicobalapangan (kelas).Hasilujicobalapanganyaitu (1) semuasiswadapatmengerjakanlebihdari 80% aktivitas-aktivitas yang dimintadalambahan ajar (2) siswa yang tidaktuntasdalamtespenguasaanmateribahan ajar dapatmengerjakansemuaaktivitasdalambahan ajar (3) terdapatbeberapasiswa yang kurang/tidaktelitidalammengerjakantes yang terdapatdalambahan ajar. Berdasarkanhasilujiahlimengenaikevalidanbahan ajar diperolehskor rata-rata seluruhaspek 2 18makadapatdisimpulkanbahwabahan ajar valid danhasilujicobalapanganmengenaiobservasiketerlaksanaanbahan ajar diperolehskor rata-rata seluruhaspekyaitu 2 80 makadapatdisimpulkanbahwabahan ajar praktis. Berdasarkanujicobalapangan yang dilakukan diperolehhasilyaitu 82 53% siswakelas X telahmenguasaimateritrigonometri. Berdasarkanhasilangket rata-rata seluruhresponden 1 55memberikanresponpositifterhadappenggunaanbahan ajar dalampembelajaran. Berdasarkanindikator-indikatortersebutdapatdisimpulkanbahwabahan ajar efektifdigunakandalampembelajaran.Dengandemikian dihasilkanbahan ajar trigonometriberdasarkanpendekataninkuiriterbimbing yang valid praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110407

Actions (login required)

View Item View Item