Diagnosis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal aljabar serta upaya scaffolding guru / Majida Noviyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Diagnosis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal aljabar serta upaya scaffolding guru / Majida Noviyanti

Noviyanti, Majida (2014) Diagnosis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal aljabar serta upaya scaffolding guru / Majida Noviyanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Noviyanti Majida. 2014. Diagnosis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Serta Upaya Scaffolding Guru. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sri Mulyati M.Pd. (II) Dr. Makbul Muksar S.Pd. M.Si. Kata Kunci diagnosis kesalahan scaffolding bentuk aljabar yang melibatkan eksponen akar dan logaritma Salah satu materi aljabar yang diajarkan kepada siswa sekolah menengah adalah bentuk-bentuk aljabar yang melibatkan eksponen akar dan logaritma. Materi ini penting bagi siswa karena akan digunakan untuk mempelajari suku banyak persamaan lingkaran turunan fungsi limit fungsi serta materi lainnya yang melibatkan eksponen akar dan logaritma. Sehingga siswa perlu menguasai materi ini. Kenyataan di lapangan menunjukkan terdapat siswa yang melakukan kesalahan dalam penyelesaian soal aljabar. Berdasarkan wawancara dengan guru matematika kelas X MIA-3 SMA Negeri 1 Bangil serta hasil pengerjaan ulangan harian siswa di kelas tersebut terdapat siswa-siswa yang melakukan kesalahan pada materi aturan-aturan bentuk aljabar yang melibatkan eksponen akar dan logaritma. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendiagnosis letak kesalahan siswa dan bentuk scaffolding yang tepat untuk mengatasi kesalahan siswa kelas X MIA-3 SMA Negeri 1 Bangil tahun ajaran 2013 2014. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data mengenai kesalahan siswa didapat dari hasil pengerjaan tes siswa yang kemudian diidentifikasi jenis kesalahannya. Sedangkan data mengenai scaffolding untuk mengatasi kesalahan siswa didapat dari wawancara dengan subjek penelitian secara bergantian. Dari hasil pengerjaan tes awal dan wawancara dengan subjek diperoleh hasil bahwa siswa kelas X MIA-3 SMA Negeri 1 Bangil melakukan kesalahan pada bentuk-bentuk aljabar yang melibatkan eksponen akar dan logaritma. Kesalahan-kesalahan tersebut yaitu (1) mengkuadratkan ekspresi aljabar yang melibatkan eksponen (2) pembagian ekspresi aljabar yang melibatkan eksponen (3) menyederhanakan ekspresi aljabar dalam bentuk akar dan dengan dan bilangan bulat positif berbeda (4) menentukan faktor rasionalisasi (5) penjumlahan dan pengurangan bentuk akar (6) hubungan ekspresi aljabar bentuk akar dan pangkat pecahan dan (7) sifat-sifat logaritma. Scaffolding yang diberikan merupakan scaffolding level 2 oleh Anghileri yang berupa reviewing and restructuring (peninjauan dan penyusunan kembali). Reviewing yang dilakukan yaitu looking and verbalizing (pemeriksaan dan pengungkapan) pemberian prompting questions (pertanyaan mengarahkan) dan pemberian probing questions (pertanyaan menggali). Restructuring (penyusunan kembali) yang dilakukan yaitu identifying meaningful contexts (pengenalan konteks bermakna) simplifying the problem (penyederhanaan masalah) dan re-phrasing students talk (pengungkapan ulang bicara siswa).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110404

Actions (login required)

View Item View Item