Pawestri, Arum Sulistyo (2014) Pengembangan lembar kerja siswa bercirikan metode penemuan terbimbing dan berbantuan Mathxpert Calculus pada materi grafik fungsi trigonometri untuk siswa SMA Negeri 2 Malang kelas X semester II / Arum Sulistyo Pawestri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pawestri Arum Sulistyo. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Bercirikan Metode Penemuan Terbimbing dan Berbantuan MathXPert Calculus Pada Materi Grafik Fungsi Trigonometri Untuk Siswa SMA Negeri 2 MalangKelas X Semester II. Tesis. Program Studi S2 Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Purwanto Ph.D (II) Dr. Abdul Qohar M.T. Kata kunci lembar kerja siswa metode penemuan terbimbing MathXPert Calculus grafik fungsi trigonometri 12288 12288 12288 12288 Di era globalisasi sekarang ini diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas dan mempunyai pengetahuan di bidang teknologi. Hasil observasi di sekolah menunjukkan bahwa sumber belajar yang dimiliki oleh siswa kurang mampu menunjang siswa untuk terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran. Sumber belajar berisi rangkuman materi contoh soal dan latihan-latihan soal dan belum memanfaatkan penggunaan teknologi dalam matematika. Hal itu menyebabkan siswa pasif dan pembelajaran kurang menyenangkan. Salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan lembar kerja siswa bercirikan penemuan terbimbing dan berbantuan MathXPert Calculus. 12288 12288 12288 12288 Lembar kerja siswa bercirikan metode penemuan terbimbing adalah lembaran-lembaran yang memuat aktivitas yang harus dilakukan siswa dalam pembelajaran berupa petunjuk pertanyaan dan langkah-langkah untuk menyelesaikan tugas pembelajaran yaitu memproses data menganalisis data membuat dugaan dan kesimpulan. Pengintegrasian MathXPert Calculus dalam lembar kerja siswa ini digunakan untuk mengecek kebenaran grafik yang dibuat oleh siswa secara manual dan membantu siswa menemukan karakteristik grafik fungsi trigonometri yang meliputi periode amplitude dan konsep pergeseran grafik fungsi. 12288 12288 12288 12288 Pengembangan lembar kerja siswa mengikuti model pengembangan Four-D yaitu Define ( pendefinisian) Design (perancangan) Development (pengembangan) dan Disseminate (penyebaran). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi lembar observasi pembelajaran angket respon siswa dan tes. Pada proses validasi ahli dipilih dua orang dosen. Pada proses uji coba lapangan dipilih 28 siswa sebagai subjek uji coba. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa lembar kerja siswa memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. Lembar kerja siswa ini dapat digunakan oleh siswa dan guru sebagai salah satu alternatif bahan ajar untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Bagi peneliti lain dapat dijadikan sebagai inspirasi atau rujukan dalam mengembangkan lembar kerja siswa yang lebih baik pada materi matematika lainnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110402 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |