Pengembangan buku ajar siswa berbasis kontektual pada materi bangun ruang sisi datar / Muhaimin Mashuri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku ajar siswa berbasis kontektual pada materi bangun ruang sisi datar / Muhaimin Mashuri

Mashuri, Muhaimin (2014) Pengembangan buku ajar siswa berbasis kontektual pada materi bangun ruang sisi datar / Muhaimin Mashuri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Muhaimin Mashuri. 2014. Pengembangan Buku Ajar Siswa Berbasis Kontekstual Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Toto Nusantara M.Si (II) Dr. Abdul Qohar M.T Kata kunci Pengembangan Buku Ajar Siswa dan Bangun Ruang Sisi Datar Kondisi nyata di SMPN 1 Pakuniran belum tersedianya bahan ajar berupa buku siswa untuk digunakan dalam proses belajar mengajar matematika. Siswa menggunakan buku jumlahnya terbatas dan lembar kerja siswa (LKS) terbitan non pemerintah sedangkan buku terbitan pemerintah berupa BSE belum tersedia. Selain itu siswa juga kesulitan dalam mempelajari buku dan LKS tersebut disebabkan materinya terlalu rumit materi yang disajikan banyak yang bersifat abstrak sehingga siswa enggan untuk membaca dan mempelajarinya dan desain teks yang berupa tulisan dan gambar kurang bagus (kurang menarik) serta kurangnya penyajian materi dan soal yang kontekstual sehingga suasana pembelajaran belum mampu menciptakan pembelajaran yang bermakna. Tujuan pengembangan penelitian ini adalah Menghasilkan produk buku ajar siswa berbasis kontekstual pada materi bangun ruang sisi datar yang valid praktis dan efektif yang dilengkapi dengan panduan guru. Selain itu buku ajar siswa yang dihasilkan ini diharapkan dapat mengatasi minimnya sumber belajar yang tersedia di SMPN 1 Pakuniran. Buku ajar siswa yang dikembangkan berdasarkan tahapan dari Plomp yang terdiri dari dalam empat fase yaitu (1) investigasi awal (2) desain atau perancangan (3) realisasi atau konstruksi dan (4) tes evaluasi revisi. Alasan digunakan model Plomp adalah (a) memberikan urutan yang jelas untuk dapat menghasilkan suatu perangkat pembelajaran yang valid praktis dan efektif (b) dalam model pengembangan model Plomp diseminasi boleh tidak dilakukan dengan berbagai pertimbangan Adapun langkah-langkah pembelajaran kontekstual yang tercermin dalam buku ajar siswa meliputi konstruktivisme menemukan bertanya masyarakat belajar pemodelan refleksi dan penilaian yang sebenarnya. Produk pengembangan yang terdiri dari buku ajar siswa dan panduan guru selanjutnya dievaluasi oleh Ahli isi mata pelajaran Ahli rancangan pembelajaran guru mata pelajaran siswa kelompok kecil dan uji coba kelas. Data hasil evaluasi tersebut yang berupa saran tanggapan dan penilaian dari subyek uji coba digunakan sebagai masukan untuk merevisi dan menyempurnakan modul pembelajaran. Berdasarkan analisis data dari uji ahli isi mata pelajaran terhadap produk pengembangan berupa buku ajar siswa 78 85% dan panduan guru 86 11 %. Hasil dari uji ahli rancangan pembelajaran terhadap buku ajar siswa yaitu (1) berdasarkan bahasa dan tampilan (89 29%) (2) berdasarkan isi (88 54%) (3) berdasarkan kemanfaatan (100%) dan hasil uji untuk panduan guru (86 11%). Berdasarkan kriteria buku ajar siswa dan pedoman guru memenuhi kriteria valid dan tidak perlu diadakan revisi. Hasil penilaian dari guru mata pelajaran terhadap buku ajar siswa 85 71% panduan guru 92 86%. Hasil analisis data terhadap aktifitas guru siswa dan respon siswa dalam uji coba kelompok kecil berturut-turut 88 33% 87 67% dan 82 99%. Hasil analisis data terhadap aktifitas guru siswa dan respon siswa dalam uji coba kelas berturut-turut 86 67% 85 75% dan 84 65%. Persentase ketuntasan belajar pada uji coba kelompok kecil berturut-turut 83 33% dan 83 33%. Persentase ketuntasan belajar pada uji coba kelas berturut-turut 80% dan 75%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110401

Actions (login required)

View Item View Item