Firdaus, Nurul (2014) Pengembangan lembar kerja siswa bercirikan penemuan terbimbing dan didukung geogebra pada materi fungsi kuadrat untuk kelas X / Nurul Firdaus. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Firdaus Nurul. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Bercirikan Penemuan Terbimbing dan Didukung Geogebra pada Materi Fungsi Kuadrat untuk Kelas X. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Akbar Sutawidjaja M.Ed Ph.D. (II) Dr. I Nengah Parta S.Pd M.Si. Kata Kunci Pengembangan LKS Penemuan Terbimbing GeoGebra 12288 12288 Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana proses dan hasil pengembangan LKS yang bercirikan penemuan terbimbing dan didukung GeoGebra pada materi fungsi kuadrat kelas X yang valid praktis dan efektif . Karena itu tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan LKS yang bercirikan penemuan terbimbing dan didukung GeoGebra pada materi fungsi kuadrat kelas X yang valid praktis dan efektif. 12288 12288 Model yang digunakan untuk mengembangkan LKS ini yaitu Four D tetapi tahap keempat (disseminate/penyebarluasan) tidak dilakukan. Selain mengembangkan LKS pada penelitian ini juga akan mengembangkan RPP dan instrumen untuk menguji ketiga kriteria yang telah ditetapkan. Instrumen yang disusun antara lain lembar validasi lembar observasi aktivitas guru lembar observasi aktivitas siswa tes penguasaan bahan ajar (TPBA) dan angket respon siswa. Selain itu pada penelitian ini juga akan memodifikasi GeoGebra sehingga lebih interaktif. GeoGebra akan digunakan siswa untuk memverifikasi dugaan yang telah dibuat setelah aktivitas mengamati. Pengujian ketiga kriteria tersebut dilakukan dengan cara validasi dan uji coba lapangan. 12288 12288 LKS RPP dan soal TPBA divalidasi oleh validator ahli dan satu guru matematika SMA dengan cara berdiskusi. Hasil validasi yang diperoleh menyatakan bahwa LKS RPP dan soal TPBA memenuhi kriteria kevalidan. Setelah validasi produk yang dikembangkan diujicobakan pada siswa SMA untuk mengukur kepraktisan dan keefektifan. 12288 12288 Kepraktisan LKS didasarkan pada aktivitas guru dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi maka tingkat kepraktisan LKS memenuhi kategori tinggi sehingga dinyatakan praktis. Akan tetapi ketika uji coba membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikan materi yang terdapat pada LKS. Keefektifan LKS diukur berdasarkan tiga aspek yaitu penguasaan bahan ajar aktivitas siswa dan respon siswa. Penguasaan bahan ajar dilihat dari hasil aktivitas penemuan terbimbing dan hasil TPBA. Semua siswa memperoleh nilai di atas KKM untuk hasil aktivitas penemuan terbimbing. Sedangkan terdapat delapan siswa yang memperoleh nilai di bawah 70 untuk nilai TPBA. Hal ini dikarenakan siswa tersebut tidak aktif dalam pembelajaran. Akan tetapi nilai penguasaan bahan ajar kelas memenuhi kriteria baik. Berdasarkan hasil observasi diperoleh bahwa aktivitas siswa memenuhi kriteria aktif . Selain itu berdasarkan angket respon menunjukkan bahwa respon kelas positif terhadap LKS yang dikembangkan. Oleh karena itu berdasarkan ketiga aspek keefektifan tersebut maka LKS dinyatakan memenuhi kriteria efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110400 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |