Yazidah, Nok Izatul (2014) Penerapan strategi Relating, Experience, Applying, Cooperating, Transfering (REACT) untuk meningkatkan keterampilan memecahkan masalah matematika materi suku banyak siswa kelas XI IPA-2 SMA Negeri 8 Malang / Nok Izatul Yazidah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Yazidah Nok Izatul. 2014. Penerapan Strategi Relating Experiencing Applying Cooperating Transfering (REACT) untuk Meningkatkan Keterampilan Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Suku Banyak bagi Siswa Kelas XI IPA SMAN 8 Malang. Tesis Jurusan Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Akbar Sutawidjaja M.Ed. Ph.D (II) Dra. Santi Irawati Ph.D Kata Kunci Strategi REACT Keterampilan Memecahkan Masalah Suku Banyak 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh salah satu tujuan dari pembelajaran matematika SMA yang salah satunya adalah memecahkan masalah dimana keterampilan memecahkan masalah merupakan standar proses yang perlu dan harus di capai oleh siswa dalam pembelajaran matematika kemampuan tersebut meliputi kemampuan memahami masalah merancang model matematika menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh. Pada materi suku banyak ini siswa kurang dapat memecahkan masalah dengan baik hal ini dikarenakan siswa jarang diberikan soal yang berbentuk soal non rutin (soal cerita) serta sebagian besar siswa terbiasa hanya menerima dan menyalin penjelasan dari guru. 12288 12288 12288 12288 Kurangnya keterampilan memecahkan masalah matematika siswa terhadap materi suku banyak merupakan masalah yang perlu segera diatasi. Salah satu strategi pembelajaran yang memungkinkan siswa dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalahnya dalam pembelajaran matematika adalah Relating Experiencing Applying Cooperating Transferring (REACT). Pembelajaran suku banyak dengan strategi REACT ini memberikan kesempatan siswa menemukan sediri definisi dan bentuk umum dari suku banyak dengan mengaitkannya pengetahuan sebelumnya yang telah dimiliki serta bekerja dalam kelompok belajar setelah itu siswa mengaplikasikannya serta mentransfer kedalam situasi baru. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan strategi relating experiencing applying cooperating transfering (REACT) untuk meningkatkan keterampilan memecahkan masalah matematika materi suku banyak siswa kelas XI IPA-2 SMA Negeri 8 Malang. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA-2 SMAN 8 Malang sebanyak 34 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data hasil tes keterampilan memecahkan masalah matematika hasil observasi aktivitas siswa hasil observasi aktivitas guru catatan lapangan dan wawancara dengan siswa. 12288 12288 12288 12288 Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) pembelajaran dengan strategi REACT dapat membuat siswa pasif menjadi aktif selama proses pembelajaran (2) secara umum siswa sudah mampu dalam menstrategikan masalah (soal cerita) yang diberikan kedalam suku banyak (3) interaksi antara guru dengan siswa siswa dengan siswa selama kegiatan pembelajaran terjalin dengan baik (4) penerapan strategi REACT dengan mengkaitkan pengetahuan yang telah dimiliki siswa sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari maka peseta didik akan mudah mengingat dan mengetahui bahwa setiap materi matematika itu memiliki keterkaitan satu sama lain (5) dengan penerapan strategi REACT ini siswa terbiasa menemukan sendiri pengetahuan barunya tanpa harus guru menerangkan dan siswa hanya bertugas mendengarkan bertanya dan mencatat apa yang guru tulis dipapan tulis. Temuan lain dalam penelitian ini adalah pada setiap tindakannya pada tindakan I rata-rata nilai siswa adalah 63 44 dengan prosentase ketuntasan mencapai 52 94% dari keseluruhan siswa yang memperoleh nilai 8805 78. Pada tindakan II hasil tes akhir tindakan II mengalami peningkatan menjadi 80 15 dengan Persentase ketuntasan siswa sebesar 88 23%. Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan memecahkan masalah siswa sudah melewati standar ketuntasan belajar yang ditentukan yaitu 80% siswa memperoleh nilai 8805 78.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110399 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |