Meningkatkan keaktifan siswa kelas XI IPS pada pelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD di SMAN 3 Malang / Kukuh Retno Wahyu Utami - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan keaktifan siswa kelas XI IPS pada pelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD di SMAN 3 Malang / Kukuh Retno Wahyu Utami

Utami, Kukuh Retno Wahyu (2014) Meningkatkan keaktifan siswa kelas XI IPS pada pelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD di SMAN 3 Malang / Kukuh Retno Wahyu Utami. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Utami Kukuh Retno W. 2013. Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas XI IPS Pada Pelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di SMAN 3 Malang. Prodi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I). (II). Keywords Keaktifan Siswa Matematika STAD Meningkatkan keaktifan siswa merupakan nilai penting dalam upaya menciptakan efektivitas belajar dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dinilai mampu menstimulasi tujuan dalam upaya meningkatkan hasil dan prestasi siswa dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan keaktifan siswa kelas XI IPS SMAN 3 Malang. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis Taggart yang dilakukan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Siklus dalam penelitian ini dilakukan dalam empat (4) tahap meliputi perencanaan pelaksanaan refleksi dan tahap revisi perencanaan. Data yang dikumpulkan meliputi (1) hasil observasi keaktifan siswa (2) hasil aktivitas guru dan siswa (3) lembar kerja siswa untuk materi fungsi naik dan fungsi turun nilai dan titik stasioner jenis-jenis stasioner nilai maksimum dan minimum pada interval tertutup serta menggambar grafik fungsi (4) catatan dan dokumentasi penelitian yang dilakukan oleh 2 observer dan (5) hasil wawancara dengan 22 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam upaya meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa meliputi tahap (a) Tahap awal menyampaikan tujuan memotivasi siswa dan menyajikan informasi (b) Tahap inti mengorganisasikan siswa ke dalam 5 kelompok belajar berdasarkan kemampuan akademik jenis kelamin ras maupun etnik secara seimbang dan membimbing kelompok belajar dengan memotivasi dan memfasilitasi kerja siswa untuk materi pembelajaran (c) Tahap akhir evaluasi hasil belajar tentang materi pembelajaran yang telah dilaksanakan dan memberikan penghargaan hasil belajar individual dan kelompok. (2) Keaktifan siswa dalam belajar tercermin dalam tindakan-tindakan berikut (a) Meningkatnya perhatian siswa terhadap penjelasan guru (b) Meningkatnya kerjasama siswa dalam kelompok (c) Meningkatnya kemampuan siswa memberikan pendapat antar kelompok dalam sesi presentasi dan diskusi (d) Meningkatnya kemampuan siswa dalam memberikan kesempatan berpendapat kepada teman dalam kelompok (e) Meningkatnya kemampuan siswa dalam menyimak dan mendengarkan dengan baik ketika anggota kelompoknya berpendapat (f) Meningkatnya kemampuan siswa memberi gagasan cemerlang dalam mempresentasikan hasil kerja dan diskusi di depan kelas (g) Meningkatnya kemampuan siswa membuat perencanaan dan pembagian kerja (h) Meningkatnya kemampuan siswa dalam mengambil setiap keputusan berdasarkan pertimbangan anggota yang lain (i) Meningkatnya kemampuan siswa dalam memanfaatkan potensi anggota kelompok dan (j) Meningkatnya kemampuan siswa untuk saling membantu dan menyelesaikan masalah. Berdasarkan hasil di atas maka hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi teoritis dan praktis bagi para pendidik (guru) dan tenaga kependidikan dalam penerapan model pembelajaran kooperatif bagi siswa di kelas. Sekaligus menyempurnakan kelemahan penelitian dan menciptakan kekayaan variabel yang berkaitan dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Tidak hanya dihubungkan dengan keaktifan dan hasil belajar siswa melainkan segala aspek yang berhubungan dengan faktor intern dan ekstern yang mempengaruhi proses belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110398

Actions (login required)

View Item View Item