Penerapan classwide peer tutoring untuk meningkatkan penalaran matematika siswa kelas VII-C SMP Darul Ukhuwwah pada pokok bahasan pecahan / Ade Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan classwide peer tutoring untuk meningkatkan penalaran matematika siswa kelas VII-C SMP Darul Ukhuwwah pada pokok bahasan pecahan / Ade Kurniawan

Kurniawan, Ade (2014) Penerapan classwide peer tutoring untuk meningkatkan penalaran matematika siswa kelas VII-C SMP Darul Ukhuwwah pada pokok bahasan pecahan / Ade Kurniawan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurniawan Ade 2014 Penerapan Classwide Peer Tutoring untuk Meningkatkan Penalaran Matematika Siswa Kelas VII-C SMP Darul Ukhuwwah Pada Pokok Bahasan Pecahan.Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd. dan (II) Drs. Tjang Daniel Chandra M.Si Ph.D. Kata Kunci Classwide Peer Tutoring Penalaran Matematika pecahan. 12288 12288 Penalaran sangat dibutuhkan oleh peserta didik sehingga dapat menganalisis setiap masalah yang muncul secara jernih dapat memecahkan masalah dengan tepat dapat menilai sesuatu secara kritis dan objektif serta dapat mengemukakan pendapat maupun idenya secara runtut dan logis. Penalaran adalah proses dari budi manusia yang berusaha tiba pada suatu keterangan baru dari sesuatu atau beberapa keterangan lain yang telah diketahui dan keterangan yang baru itu mestilah merupakan urutan kelanjutan dari sesuatu atau beberapa keterangan yang semula itu.Berdasarkan hasil jawaban tes awal menunjukkan bahwa siswa masih kesulitan dalam kemampuan penalaran dimana siswa belum mampu menguraikan permasalahan pecahan yang diberikan (dari bentuk gambar benda-benda maupun soal cerita) ke dalam bentuk pecahan. Untuk itu diperlukan suatu model pembelajaran agar memperbaiki proses belajar serta meningkatkan kualitas pembelajaran di dalam kelas diantaranya adalah metode Classwide Peer Tutoring. Merupakan metode pembelajaran dengan cara memberikan kesempatan kepada seluruh siswa didalam kelas dengan terlibat secara aktif dimana siswa berperan sebagai tutor maupun tutee dalam suatu sesi pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 Tujuan dalam penelitian ini adalah dengan penerapan Classwide Peer Tutoring dapat meningkatkan penalaran matematika siswa SMP Darul Ukhuwwah kelas VII-C pada pokok bahasan pecahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas 12288 12288 12288 12288 Tahapan penelitian ini peneliti terlebih dahulu menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran. Peneliti mengajukan pertanyaan-pertanyaan berkenaan dengan materi pecahan yang dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Selanjutnya peneliti menjelaskan LKS yang telah dibagikan kepada masing-masing tutor (siswa yang mengajarkan) kemudian tutor mendampingi tute (siswa yang diajarkan) menyelesaikan LKS tersebut. Siswa yang bertugas menjadi tutor akan mendapangi temannya yang bertugas menjadi tute dalam menyelesaikan masalah yang ada dalam LKS. Pada proses pendampingan peneliti meminta tutor untuk aktif bertanya kepada tute tentang masalah yang dihadapi oleh tute dalam menyelesaikan masalah yang ada dalam LKS. Setelah siswa yang bertugas menjadi tute selesai mengerjakan LKS maka selanjutnya akan berganti peran menajadi tutor. Hal yang sama dilakukan oleh peneliti dimana akan memberikan bimbangan sebelum tutor mendampingi tute menyelasaikan masalah yang ada dalam LKS. Dalam tahapan terakhir Peneliti mengevaluasi siswa dengan cara memberikan tes secara individual. Selanjutnya peneliti memberikan penghargaan kepada siswa yang diharapkan dapat memacu siswa agar lebih giat belajar dan minat siswa belajar matematika meningkat. 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa (a) hasil tes akhir tindakan menyatakan memenuhi kriteria minimal penalaran yaitu cukup bernalar (b) hasil observasi aktivitas guru tergolong sangat baik dan (c) hasil observasi aktivitas siswa tergolong sangat baik. Hal ini menunjukkan pembelajaran penerapan CWPT dapat meningkatkan penalaran matematika pada siswa kelas VII-C SMP Darul Ukhuwwah. Respon siswa terhadap pembelajaran CWPT pada materi pokok bahasan pecahan sangat senang. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan penelitian ini bagi peneliti lain yang mempunyai keinginan untuk mengadakan penelitian tentang CWPT sebaiknya dapat melaksanakannya pada materi matematika yang berbeda dan dilakukan di sekolah yang lain sehingga dapat memperoleh suatu gambaran yang lebih sempurna.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110397

Actions (login required)

View Item View Item