Karakterisasi berpikir metakognitif siswa SMAN 1 Praya dalam aktivitas pemecahan masalah matematika di kelompok kecil / Baiq Yuni Wahyu Ningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Karakterisasi berpikir metakognitif siswa SMAN 1 Praya dalam aktivitas pemecahan masalah matematika di kelompok kecil / Baiq Yuni Wahyu Ningsih

Ningsih, Baiq Yuni Wahyu (2014) Karakterisasi berpikir metakognitif siswa SMAN 1 Praya dalam aktivitas pemecahan masalah matematika di kelompok kecil / Baiq Yuni Wahyu Ningsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Karakterisasi Berpikir Metakognitif Siswa SMAN 1 Praya dalam Aktivitas Penyelesaian Masalah Matematika di Kelompok Kecil. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Subanji M.Si (II) Dr. Sisworo M.Si. Kata-kata kunci karakterisasi metakognisi. Metakognisi dapat diartikan sebagai pengetahuan siswa mengenai kelemahan dan kekuatannya dalam belajar serta pengaturan diri selama belajar seperti perencanaan penggunaan proses dan evaluasi. Dalam konteks pembelajaran siswa mampu berpikir bagaimana berusaha untuk mengetahui modalitas belajar yang dimiliki dan menentukan strategi belajar yang efektif untuk diri sendiri. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metakognisi dalam belajar mempunyai hubungan positif dengan hasil belajar suatu mata pelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika akan lebih optimal apabila dilakukan dengan meningkatkan penerapan berbagai dimensi metakognisinya dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan karakteristik berpikir metakognitif awareness siswa dalam konteks sosial dan individual dalam aktivitas penyelesaian masalah pada kelompok kecil (2) mendeskripsikan karakteristik berpikir metakognitif regulation siswa dalam konteks sosial dan individual dalam aktivitas penyelesaian masalah pada kelompok kecil (3) mendeskripsikan karakteristik berpikir metakognitif evaluation siswa dalam konteks sosial dan individual dalam aktivitas penyelesaian masalah pada kelompok kecil. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang akan mendeskripsikan bagaimana aktivitas berpikir metakognitif siswa yang dikarakterisasi dalam konteks sosial dan individual ketika memecahkan masalah matematika dalam kelompok kecil yang terdiri dari 5 siswa dengan tingkat kemampuan yang heterogen. Instrumen penelitian berupa tes yang memuat 5 masalah matematika. Proses diskusi penyelesaian masalah dalam kelompok direkam dan selanjutnya dilakukan wawancara tindak lanjut berdasarkan hasil rekaman tersebut dengan tujuan untuk mengetahui proses berpikir yang dilakukan oleh siswa dalam kelompok. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini secara umum adalah aktivitas berpikir metakognitif siswa awareness regulation dan evaluation yang terkarakterisasi dalam konteks sosial mencakup/memenuhi 3 karakteristik yang ada yaitu menyatakan pandangan berbeda melibatkan penjelasan dan mencari kesepakatan. Sementara itu aktivitas berpikir metakognitif awareness dan evaluation hanya mencakup/memenuhi 2 dari 3 karakteristik konteks individual yang ada. Karakteristik awareness dalam konteks individual yaitu membuat penilaian kuantitatif berdasarkan pengalaman dan menggunakan pendapat personal. Karakteristik evaluation dalam konteks individual yaitu mencari kepuasan personal dan menggunakan pendapat personal. Selanjutnya untuk karakterisasi regulation dalam konteks individual secara umum memenuhi/mencakup 3 karakteristik yang ada yaitu mencari kepuasan personal membuat penilaian berdasarkan pengalaman dan menggunakan pendapat personal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110396

Actions (login required)

View Item View Item